Sukses

Kapal Survei Dishub Sulsel Terbakar di Pantai Losari

Penyebab terbakarnya kapal tersebut diduga berasal dari mesin genset yang meledak.

Liputan6.com, Makassar - Kapal Motor (KM) Banawa Nusantara 28 terbakar di Anjungan Pantai Losari, Kota Makassar pada Senin (27/12/2021) sekitar pukul 4.30 Wita. Sejumlah mobil pemadam kebakaran pun dikerahkan untuk memadamkan api yang melalap badan kapal survei milik Dinas Perhubungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan itu. 

Plt Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar, Hasanuddin menuturkan bahwa pihaknya baru berhasil memadamkan api pada pada pukul 05.30 Wita. Penyebab kebakaran pun dipastikan dari mesin genset yang berada di dalam kapal meledak. 

"Sumber api itu hasil identifikasi adalah mesin genset yang meledak," kata Hasanuddin dalam keterangannya, Senin (27/12/2021). 

Salah seorang kru kapal bernama Alfian berhasil menyelamatkan diri dengan cara melompat dari kapal saat api mulai muncul. Alfian lalu menaiki KM Banawa 27 milik Pemkot Makassar untuk menyelamatkan diri. 

"Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut," ucap Hasanuddin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Awal Mula Kejadian

Berdasarkan data yang diterima Liputan6.com, nyala api pertama kali dilihat oleh Aiptu Adrianus, salah seorang anggota polisi yang sedang berjaga di posko Ops Lilin Jalan Penghibur, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar pada pukul 03.50 Wita. Saat mendatangi lokasi kejadian ia pun melihat api tersebut ternyata berasal dari sebuah kapal terbakar di Anjungan Pantai Losari.

Kejadian tersebut lalu dilaporkan ke piket jaga Polsek Ujung Pandang. Pihak Polsek Ujung Pandang lalu menghubungi Pemadam Kebakaran dan segera menuju Anjungan Pantai Losari. 

Tak lama berselang 5 unit mobil Pemadam Kebakaran tiba di lokasi kejadian dan berjibaku memadamkan api. Selain menghanguskan badan kapal, api juga membakar genset, mesin kapal, serta 200 liter bahan bakar minyak jenis solar yang berada di atas KM Banawa Nusantara 28 tersebut. 

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.