Sukses

Bobby Nasution Sidak Tengah Malam, Respons Aduan Warga Soal Pengerjaan Drainase

Wali Kota Medan, Bobby Nasution, melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Jalan Pembantu, Lingkungan IV, Kelurahan Titi Kuning, Kecamatan Medan Johor, Kamis (23/12/2021) dini hari tadi.

Liputan6.com, Medan Wali Kota Medan, Bobby Nasution, melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Jalan Pembantu, Lingkungan IV, Kelurahan Titi Kuning, Kecamatan Medan Johor, Kamis (23/12/2021) dini hari tadi.

Ternyata, sejumlah warga di kawasan tersebut rupanya sudah tidak tahan melihat pengerjaan drainase yang membelah lingkungan mereka tak kunjung selesai nyaris 6 pekan.

Ironisnya, pengerjaan drainase yang dilakukan swakelola oleh Dinas Pengerjaan Umum (PU) langsung itu terkesan kupak-kapik. Beberapa spesifikasi tak masuk akal, dan terkesan asal jadi.

Misalnya, pada drainase sepanjang kurang lebih 200 meter tersebut ada bagian yang dicor dan ada yang disambungkan dengan pipa 6 inci. Bak kontrol juga dibuat tanpa bisa dibuka dengan coran permanen.

Akibat lambatnya pengerjaan drainase tersebut, warga sekitar pun sulit masuk rumah sendiri. Parkir kendaraan terpaksa menumpang di rumah tetangga. Maka, warga mengadu langsung kepada Bobby dengan cara mengirim Direct Message (DM) ke Instagram.

"Swakelola PU kayak ancur gini, gimana lagi kontraktor kalian," kata Bobby kepada Pelaksana tugas (Plt) Dinas PU, Ferry Ichsan, dan UPT Medan Selatan, Gunawan.

Camat Medan Johor, Candra, juga tampak di lokasi. Begitu juga Kepala Lingkungan (Kepling) setempat, Murat.

"Itu coba lihat pak, bagaimana bisa begitu. Tolong suruh penjabnya bawa gambar pengerjaan drainase ini ke kantor. Tolong ini segera diselesaikan. Harusnya UPT awasi ini. Jangan dibiarkan," tambah Bobby.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aduan Warga

Sebelum kehadiran para pejabat terkait, Bobby mendengarkan dengan seksama penjelasan warga setempat, Irvan dan istrinya, Sera. Keduanya adalah warga yang mengadu langsung ke Bobby.

"Pekerjaannya kurang maksimal, pak, kalau untuk mengalirkan air kiriman dari daerah lain di balik tembok perumahan ini. Kalau untuk limbah rumah tangga cukup. Sudah hampir enam minggu lah ini belum siap," kata Sera.

"Saya kagum juga, Pak Wali Kora cepat kali responsnya. Langsung datang, malam-malam lagi," sambung Irvan.

Plt Kadis PU, Ferry Ichsan, terkait proyek drainase tersebut membenarkan swakelola. Bahan yang ada di Dinas PU digunakan, dan anggaran yang dikeluarkan hanya untuk membayar tukang.

"Untuk jumlah anggarannya nanti saya tanya," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Tampak Kesal

Pada sidak tersebut, Bobby tampak kesal dan kerap bertanya hal-hal teknis kepada Plt Kadis dan UPT Dinas PU (Unit Pelaksana Teknis). Bobby baru cukup puas ketika mendengar penjelasan Kepling ketimbang yang dijelaskan UPT.

Selama hampir 2 jam Bobby Nasution berkeliling di sana, mulai pukul 23.30 hingga 01.30 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.