Sukses

Ketua IDI Sumsel: Pandemi Belum Akan Usai

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sumsel mengatakan, jika pandemi belum akan usai dalam waktu dekat ini.

Liputan6.com, Palembang - Masuknya varian baru COVID-19 yakni Omicron di Indonesia, membuat pandemi COVID-19 di Indonesia belum akan usai. Hal tersebut diungkapkan Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sumatera Selatan (Sumsel), Zulkhair Ali.

Menurutnya, varian baru yang terus muncul di berbagai negara, serta kasus baru positif COVID-19 yang terus ada setiap ahri, dengan gejala yang berbeda-beda.

"Itu kenapa saya menyimpulkan seperti itu. Pandemi belum akan usai dalam waktu dekat ini, walau saat ini tengah turun," ucapnya, Senin (20/12/2021).

Dia juga belum mengetahui, apakah vaksin yang disebarkan se-Indonesia tersebut, bisa menangkal varian baru Covid-19 atau tidak.

Terlebih saat ini, dia menilai warga Sumsel juga menjadi salah satu faktor yang membuat ia berkesimpulan seperti itu.

"Kita tidak tahu, varian baru ini apakah bisa ditangkal dengan vaksin yang telah disuntikkan. Sehingga potensi penularan ataupun resiko kematian akibat COVID-19 masih bisa dialami penderita meskipun sudah divaksin," katanya.

Ali bahkan menyamakan Pandemi COVID-19 di Indonesia, seperti kisah cinta yang tak kunjung usai.

"Saya tulis status seperti itu, karena memang hingga saat ini belum terlihat ujungnya seperti apa," katanya.

Dia menuturkan, saat ini pemerintah sudah sangat sigap mengantisipasi COVID-19 di Sumsel. Apalagi di berbagai negara, banyak warganya yang terinfeksi varian COVID-19 jenis baru, salah satunya Omicron.

"Pemerintah telah belajar dari awal pandemi COVID-19 masuk Indonesia. Seperti dulu ketika Pandemi sudah masuk ke negara tetangga, pemerintah tidak serius menanggapinya malah bahkan diabaikan. Namun kini, pemerintah sigap menanggapi saat ada varian baru di negara lain," ucap Ketua IDI Sumsel tersebut.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disiplin Terapkan Prokes

Namun dia tetap mengingatkan kepada warga Sumsel, agar terus disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) dan menjaga kesehatan.

Hari, warga komplek Pakri Palembang Sumsel berharap, agar varian COVID-19 terbaru tidak masuk ke Sumsel. Untuk itulah, dia selalu menerapkan prokes. Salah satunya menyediakan hand sanitizer dan masker tambahan jika bepergian.

“Masker tambahan selalu saya bawa ketika bepergian, agar bisa bergonta-ganti. Dan juga hand sanitizer juga, agar bisa membuat tangan tetap bersih,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.