Sukses

Cara Pemkab Kubu Raya Sinergi Gelar Vaksinasi Hingga Tingkat RT

Demi mengejar percepatan vaksinasi di wilayahnya memberikan tugas kepada para rukun tetangga atau RT setempat.

Liputan6.com, Kubu Raya - Maryadi, warga Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat bersyukur bisa divaksin untuk kedua kalinya. Jenis vaksin yang disuntikan ketubuhnya adalah Pfizer.

“Sekarang saya lega,” ucapnya kepada Liputan6.com Senin (20/12/2021), seraya terus mengingatkan tanpa lelah dan menginformasikan kepada tetangga warga Desa Sungai Enau, Kecamatan Kuala Mandor B, Kabupaten Kubu Raya, soal pentingnya divaksin demi kekebalan tubuh.

“Saya akuin, tidak mudah warga desa mau divaksin. Saya pelan-pelan kasih tahunya. Lama-lama, mereka mau,” ucapnya, derasnya informasi yang beredar di media sosial soal kabar hoaks vaksin mempengaruhi warga desa.

“Ini tugas kita bersama untuk menangkal hoaks alias kabar bohong. Saya bersama teman-teman, sering membuat kelompok diskusi soal ramah bermedia sosial dan bijak menerima setiap informasi,” kata Maryadi.

Kejar Vaksinasi

Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan, mengakui hingga saat ini demi mengejar percepatan vaksinasi di wilayahnya memberikan tugas kepada para rukun tetangga atau RT setempat yang langsung bersentuhan dengan warga aktif mengajak warga untuk divaksin.

“Percepatan vaksinasi dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya dengan cara mempebanyak jadwal vaksinasi di desa –desa sampai dengan ke tingkat RT,” kata Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan. Dia mengingatkan, supaya para ketua RT sudah divaksin. Jika masih ada ketua RT yang belum divaksin, tidak dengan kendala medis, ketua RT bisa disanksi dengan penundaan pencairan insentif.

“Mengimbau masyarakat pro aktif untuk datang ke tempat tempat vaksinasi yang sudah disediakan pemerintah. Ini penting, supaya kekebalan kelompok dapat segera tercapai hingga akhir Desember 2021 ini,” kata dia.

Sementara itu, Kapolres Kubu Raya, AKBP Jerrold Hendra Yosef Kumontoy berharap, warga Kabupaten Kubu Raya Raya dalam merayakan Hari Raya Natal dan Tahun Baru tidak dengan acara yang berlebihan .

“Ini demi mencegah penyebaran Covid- 19 dan Varian Omicron,” kata dia, mengimbau kepada warga Kabupaten Kubu Raya untuk melaksanakan Natal sesuai dengan protokol kesehatan dan melaksanakan perayaan menyambut malam pergantian Tahun Baru 2022 dengan kesederhanaan.

“Kami juga menghimbau kepada masyarakat untuk berperan aktif dalam mengikuti vaksinasi di tempat yang disediakan,” kata dia.

Sementara itu, berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat cakupan vaksinasi warga Kabupaten Kubu Raya mencapai 39 persen lebih dari total jumlah penduduk mencapai 432 ribu jiwa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.