Curah Hujan Tinggi, Pemkot Makassar siapkan Langkah Antisipasi Bencana Banjir

Oleh Fauzan pada 15 Nov 2021, 20:57 WIB
Diperbarui 17 Des 2021, 08:44 WIB
Rapat Koordinasi Pemkot Makassar dan Forkopimda (Liputan6.com)
Perbesar
Rapat Koordinasi Pemkot Makassar dan Forkopimda (Liputan6.com)

Liputan6.com, Makassar - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar bersama Forkopimda beserta OPD terkait, menggelar rapat koordinasi untuk membahas langkah antisipasi penanganan bencana banjir di wilayah Kota Makassar. Pasalnya berdasarkan prediksi BMKG dalam waktu dekat Kota Makasssar akan diguyur hujan lebat tanpa henti dengan durasi waktu yang cukup lama. 

Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto dalam pertemuan tersebut, mengajak Forkopimda antara lain; Kepala Basarnas Sulsel, Kabag Ops. Polrestabes, Kasat Brimob, Kepala BMKG Wilayah IV, beserta Kalakhar BPBD Makassar, membahas persiapan untuk mengantisipasi ancaman banjir di penghujung akhir tahun.

“Kalau melihat arah angin dan frekuensi curah hujan yang sudah mulai meningkat akhir-akhir ini, sepertinya kita sudah harus bersiap untuk segera menghadapi segala kemungkinan adanya luapan air, juga bencana lainnya,” kata Danny saat memimpin rapat di ruang Sipakatau lantai 2 Kantor Balaikota Makassar. Senin (15/11/2021).

Ada beberapa titik lokasi banjir di Makassar yang menjadi pusat perhatian Walikota Danny, seperti  kompleks perumahan Kodam 3, Paccerakkang Daya, serta Perumnas Antang utamanya di Blok 10.

“Untuk penanggung jawab daerah yang biasanya menjadi langganan banjir, diharapkan segera membuat posko dan menyiapkan lokasi atau tempat pengungsian agar kedepan penanganan korban banjir  bisa lebih cepat,” ujar Danny.

Danny juga meminta agar BPBD Makassar segera mengecek seluruh kelengkapan peralatannya serta  mengatur tim yang akan diterjunkan.

“Yang perlu BPBD periksa dari sekarang adalah kondisi peralatannya seperti perahu karet dan pelampung. Seluruh tim juga harus disiapkan, jadi nanti mereka bisa langsung segera diturunkan,” tandasnya.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya