Sukses

Menengok Vaksinasi Warga di Pedalaman Kalbar

Vaksinasi sendiri terlaksana langsung dipimpin Kepala Puskesmas Sayan, Sintang, Kalbar, Radianto SKM sebagai penanggung jawab penyuntikan vaksinasi COVID-19

Liputan6.com, Pontianak - Lismayani bergegas dari rumahnya dengan mengendarai roda dua. Wanita berumur 40 tahun ini datang ke tempat vaksinasi Covid-19 di Kantor Desa Nanga Raku, Kecamatan Sayan, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat pada Kamis (16/12/2021).

“Awalnya takut mau divaksin. Setelah tahu informasi baca diberbagai sumber, akhir saya yakin,” ucapnya.

Dia mengakui, banyaknya informasi beredar berpengaruh pada pendirian setiap orang. Dia mencontohkan, tidak sedikit warga di desanya termakan informasi hoaks atau bohong.

“Barusan saya divaksin, baik-baik saja. Saya berharap, kampaye penangkal hoaks terus dilakukan oleh berbagai pihak,” ucapnya penuh harap.

Komandan Rayon Militer (Danramil) 1205-14/Sayan, Peltu Andi Rahmanto, bersama Kanit Intel Polsek Sayan, Aiptu Suparno, memimpin pengamanan sekaligus memantau langsung pelaksanaan kegiatan vaksinasi tahap 1 dan 2 di Kantor Desa Nanga Raku, Kecamatan Sayan, Kabupaten Sintang.

Kegiatan vaksinasi sendiri terlaksana langsung dipimpin Kepala Puskesmas Sayan, Radianto SKM sebagai penanggung jawab penyuntikan vaksinasi COVID-19.

Kegiatan diawali dengan beberapa tahapan, antara lain, registrasi, pengecekan suhu tubuh dan tensi serta screening oleh petugas kesehatan, setelah dinyatakan memenuhi syarat kemudian peserta melaksanakan vaksinasi.

“Usai melaksanakan vaksin, peserta diminta menunggu selama kurang lebih 30 menit untuk observasi terhadap reaksi vaksin,” kata Danramil1205-14/Sayan, Peltu Andi Rahmanto.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Vaksinasi Jangkau Seluruh Kalangan

Dia mengatakan, kegiatan itu dilaksanakan sebagai upaya percepatan vaksinasi. “Secara aktif kami bersama Kanit Intel Polsek Sayan, Aiptu Suparno melakukan pendampingan kepada warga yang melaksanakan vaksinasi sembari memberikan himbauan terkait penerapan protokol kesehatan," kata dia, vaksinasi hari ini berjalan lancar, warga juga antusias ini terlihat dari jumlah yang mengikuti.

Dia menyebut, vaksinasi yang dilaksanakan ini selain bertujuan untuk mempercepat pencapaian herd immunity, juga sebuah upaya dalam rangka mendukung program pemerintah dalam percepatan vaksinasi menuju target 70 persen.

"Kegiatan pemantauan ini sendiri merupakan bentuk tanggung jawab kami selaku aparat kewilayahan. Ada 574 orang yang mengikuti vaksinasi tahap 1 dan 2, dengan vaksin yang digunakan yaitu vaksin jenis Sinovac," kata dia.

Di aula Korem 121/Alambhana Wanawai, Babinsa Koramil 07/Sintang juga melaksanakan pendampingan terhadap warga binaan dalam pelaksanaan serbuan vaksinasi serentak tahap 1 dan tahap 2.

Kegiatan vaksinasi ini bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang, Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Denkesyah Sintang dan beberapa pihak terkait.

Babinsa Koramil 07/Sintang, Serda Juliyanto menyebut, kegiatan serbuan vaksinasi ini juga bertujuan untuk mengejar target pencapaian vaksinasi terhadap masyarakat Kabupaten Sintang, yang mana kegiatan ini dilaksanakan 3 hari yaitu dari tanggal 15 sampai 17 Desember 2021.

"Kepada masyarakat yang telah menerima vaksinasi harus tetap mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan dimana saja berada. Karena tidak menutup kemungkinan masih bisa terpapar virus COVID-19 walaupun dengan potensi rendah," kata Serda Juliyanto.

Dia berharap, warga masyarakat agar tetap bisa bekerjasama untuk melaksanakan setiap peraturan pemerintah dalam menerapkan protokol kesehatan. Ini dilakukan, demi memutus mata rantai penyebaran COVID-19 ini khususnya di Kabupaten Sintang.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.