Sukses

Serunya Memahami Pancasila Lewat Permainan Tradisional 'Panca Main' Bareng Ridwan Kamil

Tujuan pengenalan Pancasila melalui permainan anak yang menarik, diharapkan mampu menarik minat mereka untuk memahami Pancasila.

Liputan6.com, Garut - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dan Pemerintah Daerah (Pemda) Garut, punya cara tersendiri mengenalkan sekaligus memasyarakatkan sila dan nilai Pancasila melalui permainan anak 'Panca Main'.

Konsep itu dituangkan dalam ragam permainan anak mulai Panca Gasing, Papancakan, Bola Lima, Balap Jajar, dan Catur Teuku Umar, yang ternyata cukup efektif dalam mengenalkan Pancasila bagi generasi muda.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Kang Emil mengatakan, tujuan pengenalan Pancasila melalui permainan anak yang menarik, diharapkan mampu menarik minat mereka untuk memahami Pancasila.

"Urutan dari pemahaman itu adalah satu membaca, dua menghafal, tiga memahami, empat mengkaji (dan) mendalami dan kelimanya mengaplikasi atau mengimplementasikan dalam keseharian," ujar dia beberapa waktu lalu.

Selain itu, pengenalan pancasila dengan metode permainan yang interaktif, menyenangkan, dan ringan, dinilai efektif bagi warga.

"Saya dulu mengenal Pancasila melalui P4 (Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila)," kata dia.

Namun, seiring perkembangan zaman, pemahaman Pancasila di generasi muda mulai memudar, sehingga diperlukan inisiatif untuk mengenalkan Pancasila agar kekinian.

"Saya apresiasi Pak Zaini Alif (Ketua Umum Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia) selaku kreator yang mengadaptasikan permainan tradisional menjadi permainan Panca Main," papar dia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertama di Indonesia

Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Rima Agristina mengatakan, Provinsi Jawa Barat menjadi provinsi pertama di tanah air yang mampu memodelkan permainan Panca Main dengan tema Pancasila.  

"Ini adalah cara untuk mempelajari Pancasila dengan cara kekinian, juga dengan memperhatikan peningkatan kearifan lokal," kata dia.

Dengan upaya itu, pemerintah berharap menjadi percontohan bagi provinsi lainnya di Indonesia untuk mengenalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Panca Main ini diharapkan bisa membangkitkan ekonomi dan sentra industri yang dibangun oleh masyarakat sekitarnya," kata dia.

Bupati Garut, Rudy Gunawan mengapresiasi terobosan Panca Main, sebagai ikhtiar dalam mengenalkan Pancasila melalui permainan tradisional masyarakat kepada generasi muda.

"Anak-anak antusias sekali dengan apa yang diupayakan oleh BPIP untuk menyosialisasikan nilai-nilai luhur Pancasila sejak dini untuk masyarakat Kabupaten Garut," dia menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.