Sukses

Ini Capaian Indikator yang Membuat Kota Medan PPKM Level 1

Wali Kota Medan, Bobby Nasution mengatakan, Medan sudah masuk Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1. Hal ini berdasarkan sejumlah indikator yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Liputan6.com, Medan Wali Kota Medan, Bobby Nasution mengatakan, Medan sudah masuk Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1. Hal ini berdasarkan sejumlah indikator yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Capaian indikator yang dikeluarkan Kemenkes di antaranya, kasus konfirmasi, rawat inap, kematian yang merupakan indikator transmisi komunitas di Kota Medan berada dalam level tingkat 1 dengan persentase nol koma.

Indikator kapasitas respons juga masuk kategori memadai. Yakni testing, tracing dan treatment (3T) masuk kategori memadai.

Dan indikator ketiga hingga Medan layak menyandang PPKM Level 1 karena capaian vaksinasi Covid-19 yang sudah di atas 80 persen untuk dosis pertama. Sedangkan untuk vaksinasi lanjut usia (lansia) sudah di atas 50 persen dengan target 60 persen.

"Dari pengumuman Mendagri, per dua pekan, kita masih Level 2. Jadi pengumuman rutin dua pekan ke depan kalau indikator itu bisa kita pertahankan, maka kita akan diumumkan masuk Level 1," kata Pelaksana tugas Kepala Dinas (Plt Kadis) Kesehatan Medan, Mardohar, Senin (13/12/2021).

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Target Vaksinasi Lansia

Untuk mencapai target vaksinasi Lansia, Bobby Nasution telah memerintahkan seluruh pihak terkait agar mendekatkan diri ke masyarakat.

Maka itu lahirlah program medical tourism. Maksudnya di wilayah yang banyak dikunjungi masyarakat, di situ disediakan fasilitas vaksinasi secara gratis, aman, dan nyaman.

"Di stay cation atau hotel-hotel, tempat-tempat usaha, di situ kita hadirkan fasilitas vaksinasi. Jadi itu akan mempercepat kita mencapai target," kata Bobby.

3 dari 3 halaman

Kota Medan PPKM Level 1

Pada Minggu, 12 Desember 2021, Bobby Nasution memastikan Kota Medan telah masuki Level 1 PPKM. Hal itu disampaikan Bobby usai jadi narasumber podcast dengan Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo, Usman Kansong, di Medan.

"Benar, Medan baru saja masuk PPKM Level 1. Ada beberapa indikator dan sudah penuhi syarat. Terutama paling tinggi indikator testing harian kita penuhi syarat, vaksinasi lansia juga sudah terus dilakukan. Kita komitmen tingkatkan vaksinasi lansia di 60 persen," kata Bobby.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.