Sukses

Viral di Medsos, Kisah Persahabatan Anggota Brimob Eko Putra dengan Putra Papua

Eko Putra adalah anggota Brimob Polda Jambi yang sejak Februari 2021 bertugas di Papua. Menariknya selama dirinya bertugas di Papua, ia memiliki sahabat bernama Joshua, putra asli Papua yang masih bersekolah di bangku SMA.

Liputan6.com, Papua - Eko Putra salah seorang anggota Brimob Polda Jambi yang tengah bertugas di Papua sejak Februari 2021 mendadak viral, lantaran video-videonya di Tiktok. Yang terbaru, videonya viral setelah mengunggah video dengan sahabatnya bernama Joshua, putra asli Papua. Video ini bahkan mendapat respon dari artis dan pelawak Tanah Air, Sule.

Dalam video itu, Eko Putra tengah berbincang dengan Joshua yang sering datang ke pos penjagaan tempat dirinya bertugas. Eko menanyakan siapa artis Tanah Air yang dikenal Joshua.

Joshua kemudian menyebut hanya mengenal Sule, sebagai artis yang diketahuinya. Akibatnya, banyak warganet yang menandai akun Sule dan membuat sang artis sadar jika dirinya menjadi buah bibir warganet.

Tak tanggung-tanggung, Sule kemudian menawarkan pengobatan untuk operasi kepada Joshua yang kondisi bibirnya kurang sempurna. Bukan main senangnya Eko Putra menjadi perantara sahabatnya itu dengan satu-satunya artis yang dia kenal, bahkan sang artis pun turut membantu pengobatan penggemarnya yang jauh nun di Papua. 

Kepada Liputan6.com, Eko Putra bercerita awal mula bertemu Joshua pada pertengahan Februari 2021 silam saat dirinya mulai bertugas di Papua, dan Joshua sering singgah ke pos penjagaan tempat dirinya bertugas.

"Joshua dulu sering main ke pos. Karena sering datang dan sering mengobrol akhirnya kami jadi dekat dan saya bersimpati saat mengetahui dia sejak kecil sudah menjadi anak yatim piatu," kata Eko Putra di Papua, Kamis (9/12/2021). 

 

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Disayangi Warga Sekitar Pos Brimob Papua

Eko menyebut, meski tak memiliki orangtua sahabatnya itu memiliki semangat belajar sangat tinggi, sehingga dirinya berinisiasi dan berkoordinasi dengan Polsek tempat Joshua tinggal agar Joshua bisa bersekolah.

"Tekad dan keinginannya bersekolah sangat tinggi. Saya berkoordinasi dengan Polsek setempat agar Joshua bisa melanjutkan sekolah ke SMA. Sejak saat itu saya makin dekat dengan Joshua dan sering saya buat video kemudian saya upload di Tiktok atau Instagram. Enggak nyangka di Tiktok video-videonya viral," ujar Eko.

Terbaru, Joshua akan menjalani operasi pada Jumat 10 Desember 2021, yang nantinya semua biaya akan dibiayai oleh artis dan pleawak Sule. Namun sayangnya, Eko mengaku tak bisa menemani Joshua berjuang menjalani operasi di salah satu rumah sakit di Jayapura, Papua lantaran tidak bisa meninggalkan pekerjaannya.

"Untuk operasi Jo, kemungkinan hari Jumat, nanti ada rekan saya di sana yang akan mendampingi Jo. nanti Jo harus menjalani general check up dulu dan semua biaya nanti yang akan membiayai adalah Kang Sule," ucapnya.

Dirinya melanjutkan, Joshua mengaku senang dan sempat menangis dengan apa yang dia dapatkan. Bahkan, saat Eko berpura-pura akan pulang ke Jambi, Joshua tampak sedih dan berharap bisa ikut Eko dan bekerja apa saja asalkan bisa berkumpul bersamanya.

"Dia ingin ikut saya ke Jambi. Tapi, dia masih harus menyelesaikan sekolahnya yang tinggal beberapa bulan lagi. Jo sempat menangis pas saya bilang akan pulang ke Jambi," imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Eko meminta doa agar operasi yang akan dijalani oleh Joshua berhasil dan bisa melihat Joshua normal seperti anak-anak sebayanya. Eko menambahkan, selama 11 bulan bertugas di Papua, dia tak hanya bertemu Joshua, tapi kebiasaannya memberi uang dan membeli dagangan warga sekitar membuat dirinya dikenal warga di sana.

3 dari 3 halaman

Sedih Jika Berpisah

"Warga di sini senang sekali, kami juga sering makan bareng (makan nasi), karena warga di sini sering cerita jarang dan bahkan tak pernah makan nasi putih. Setiap abis panen, tempat pertama yang disinggahi warga adalah pos Brimob. Walau kadang tidak butuh apa yang warga jual, tapi sebisa mungkin saya membelinya. Saya prihatin, warga di sini masih jauh dari kata sejahtera, jadi saya lakukan yang bisa saya perbuat saat ini," tutur dia.

Tak hanya membeli hasil panen warga seperti ubi, singkong, pisang, dan sayuran, Eko juga sering membeli makanan kecil yang akan dibagikan kepada warga atau anak kecil yang melintas di pos penjagaan Brimob. "Kadang saya sering beli snack banyak-banyak untuk bisa bercengkrama dengan warga masyarakat," ucapnya.

Ia mengaku tak menyangka video-video yang ia bagikan di Tiktok viral dan banyak disukai warganet, doa baik meluncur dari para netizen untuk anggota Brimob Jambi tersebut. Videonya bahkan telah ditonton hingga jutaan orang.

"Awalnya cuma untuk memotivasi saja video-video yang saya unggah bersama masyarakat Papua, ternyata viral dan bahkan banyak yang mendokan saya juga Joshua. Bahkan, Joshua sampai bisa komunikasi dengan Bang Sule dan dibantu untuk operasi," katanya.

Sementara itu, Eko mengatakan jika dirinya harus pindah tugas dari Papua dan kembali ke Jambi lagi, ia berjanji akan membawa Joshua yang sudah dia anggap adik kandungnya sendiri itu. "Insya Allah akan saya bawa, tapi dia harus menyelesaikan sekolahnya dulu. Dia selalu sedih kalau tahu saya bilang mau pulang ke Jambi, mungkin karena sering sama-sama dan kebutuhan saya penuhi di sini. Maklum, dia tak pernah dapatkan perhatian yang sekarang saya lakukan ini sejak dia kecil," dia memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.