Upaya Kurangi Genangan Air, Drainase U-Ditch di Medan Johor Mulai Dikerjakan

Oleh Reza Efendi pada 08 Des 2021, 16:47 WIB
Diperbarui 08 Des 2021, 16:47 WIB
Wali Kota Medan, Bobby Nasution
Perbesar
Wali Kota Medan, Bobby Nasution

Liputan6.com, Jakarta Wali Kota Medan, Bobby Nasution, mengecek pengerjaan drainase di Jalan Karya Wisata, Kecamatan Medan Johor. Bobby ingin memastikan agar pengerjaan drainase menggunakan U-Ditch itu berjalan benar sesuai standarnya.

Pemasangan U-Ditch untuk drainase tersebut menambah ukuran drainase menjadi lebih besar. Aliran air juga akan lebih lancar untuk dialihkan ke Sungai Babura. Panjang pengerjaan drainase tersebut 943 meter dan akan jadi saluran primer.

Artinya, akan jadi saluran drainase utama yang menyambungkan drainase lainnya dan akan bermuara ke Sungai Babura. Lantas, seberapa efektifkah pemasangan drainase U-Ditch tersebut untuk meminimkan genangan?

"Pakai U-Ditch ini lebih cepat pengerjaannya, lebih baik juga kualitasnya. Ini kita bikin drainase terbuka, ya. Jadi tak boleh ada bangunan di atasnya, kecuali yang akses masuk," kata Bobby, Rabu (8/12/2021).

Saat memantau pelaksanaan pengerjaan drainase tersebut, Bobby tampak benar-benar memperhatikan dan mengecek. Bahkan menantu Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu sampai masuk ke areal drainase untuk memastikan elevansi atau kemiringan U-Ditch.

"Saya mau pastikan pengerjaannya benar, elevansinya harus benar-benar dilihat. Saya lihat tadi sudah bagus. Nanti drainase ini akan jadi saluran primer disambungkan ke beberapa drainase di pemukiman Medan Johor," sebut Bobby.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Diharapkan Sesuai Target

Wali Kota Medan, Bobby Nasution
Perbesar
Wali Kota Medan, Bobby Nasution, mengecek pengerjaan drainase di Jalan Karya Wisata, Kecamatan Medan Johor

Bobby berharap pengerjaan drainase tersebut lekas selesai sesuai target, yakni pada 23 Desember 2021 mendatang. Untuk tanah sisa kerukan yang tidak dibutuhkan lagi harus segera diangkut.

"Banyak juga laporan masyarakat. Tapi yang masih digunakan ya silakan, tapi harus ada dikasi batas jangan sampai membahayakan masyarakat. Nyungsep pula nanti," pungkas Bobby.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Drainase Primer

Pengerjaan Drainase
Perbesar
Pengerjaan drainase di Jalan Karya Wisata, Kecamatan Medan Johor

Pelaksana tuga (Plt) kepala Dinas Pengerjaan Umum (Kadis PU) Medan, Ferry Ichsan menjelaskan, pengerjaan U-Ditch di Medan Johor mulai dari simpang Jalan Eka Warni hingga ke Jalan Eka Rasmi, tepatnya hingga masjid Kompleks Johor Indah Permai (JIP).

"Sesuai kontrak, 23 Desember ini harus sudah selesai. Konsepnya drainase primer, jadi di mana ada titik banjir nanti diarahkan kemari, kan ini kapasitasnya cukup besar," Ferry menandaskan.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya