Sukses

Ombak Besar Menghantam Manado, Kendaraan Nyaris Hanyut ke Laut

Ombak besar tiba-tiba menghantam wilayah Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut), kompleks Manado Town Square. Tempat tersebut tepat berada di dekat Laut Teluk Tomini.

Liputan6.com, Manado - Ombak besar tiba-tiba menghantam wilayah Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut), kompleks Manado Town Square. Tempat tersebut tepat berada di dekat laut Teluk Tomini.

Menurut kesaksian warga, sekitar pukul 18.00 Wita sebelum ombak menghantam daratan, angin kencang tiba-tiba muncul. Tak selang beberapa menit, gelombang tinggi mengempas ke daratan hingga ke badan jalan.

"Sebelumnya angin kencang yang berembus, kami mengira bahwa akan turun hujan. Ternyata disusul ombak besar," kata Nina Tan Mooduto saat ketika berada di lokasi, Selasa, 7 Desember 2021.

Peristiwa ini sempat direkam oleh salah satu pengunjung Manado Town Square. Kepanikan warga menyelamatkan mobil mereka terekam dalam video viral tersebut.

Tidak hanya kepanikan, sebagian besar pengunjung Manado Town Square menjadikan peristiwa itu sebagai tontonan dari lantai atas gedung Town Square.

"Warga lain panik menyelamatkan diri dan kendaraan mereka, ada juga yang hanya menonton dan berteriak dari lantai atas gedung sambil berteriak," tuturnya.  

Mengutip Antara, sebelumnya warga yang bermukim di wilayah pesisir Sulawesi Utara dan Gorontalo telah diingatkan untuk mewaspadai potensi banjir rob. Akibat ketinggian pasang air laut maksimum yang lebih signifikan.

"Potensi terjadinya banjir pesisir atau rob di wilayah Sulut ini tanggal 6-9 Desember 2021," kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Maritim Bitung Andi Cahyadi.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.