Sukses

Kota Cirebon Nol Kasus Covid-19, Ruang Isolasi Melompong

Penerapan protokol kesehatan melalui aplikasi PeduliLindungi menjadi salah satu kunci Kota Cirebon bisa bertahan di level 1 covid-19.

Liputan6.com, Cirebon - Upaya Kota Cirebon menekan kasus positif covid-19 membuahkan hasil. Hingga saat ini, tidak ada penambahan kasus positif covid-19.

Sekda Kota Cirebon Agus Mulyadi mengatakan, sejak tanggal 5 Desember 2021 kasus aktif covid-19 tercatat di angka nol.

"Artinya hingga saat ini tidak ada warga Kota Cirebon yang terkonfirmasi positif Covid-19," ujar Agus Mulyadi kepada wartawan, Selasa (7/12/2021).

Hingga saat ini, tidak ada informasi warga Kota Cirebon yang terkonfirmasi positif. Bahkan, warga Kota Cirebon yang sempat dirawat sudah dinyatakan sembuh dan selesai isolasi.

Sementara itu, kata dia, upaya tracing terus dilalukan oleh satgas Covid-19 Kota Cirebon. Tracing dilakukan di satuan pendidikan sebagai bagian dari evaluasi PPKM.

"Alhamdulillah hasil tracing di satuan pendidikan penambahannya nol terus artinya tidak ada penambahan. Bahkan pasien yang sudah terkonfirmasi sudah sembuh," ujar dia.

Prestasi nol kasus positif Covid-19 tersebut, kata dia, harus dipertahankan. Salah satu caranya adalah tetap beraktivitas dengan menjaga protokol kesehatan.

Menurut dia, penerapan protokol kesehatan melalui aplikasi PeduliLindungi menjadi salah satu kunci Kota Cirebon bisa bertahan di level 1 Covid-19.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

RSD Gunung Jati

"Selain itu kami juga berharap level kasus aktifnya nol terus ya," kata Agus.

Status nol kasus Covid-19 terlihat dari data Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kota Cirebon.

Tercatat pada hari Minggu (5/12/2021) sudah tidak ada kasus infeksi virus corona. Begitu juga hari ini, Senin (6/12/2021).

Berdasarkan data tersebut, tercatat sudah 12.813 kasus Covid-19 menginfeksi warga Kota Cirebon. Dari jumlah itu, 12.285 berhasil sembuh. Sementara 528 lainnya meninggal dunia.

Bahkan, pihak RSD Gunung Jati Cirebon mengaku hingga saat ini belum menerima pasien Covid-19, terutama dari warga Kota Cirebon maupun wilayah tetangga.

"Sudah seminggu terakhir tidak merawat pasien Covid-19. Ruang isolasi juga kosong silahkan bisa dicek langsung," kata Direktur RSD Gunung Jati Cirebon Katibi.

Dia menyebutkan, sejak awal covid-19 tahun 2020, RSD Gunung Jati sudah menangani lebih dari 2.309 pasien yang dirawat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.