Sukses

Style Rektor USU Berpakaian Adat Jawa Saat Pimpin Upacara Hari Guru Nasional

Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Muryanto Amin tampak mengenakan pakaian adat Jawa saat memimpin upacara peringatan Hari Guru Nasional 2021. Upacara dilaksanakan di Halaman Gedung Biro Pusat Administrasi USU.

Liputan6.com, Medan Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Muryanto Amin tampak mengenakan pakaian adat Jawa saat memimpin upacara peringatan Hari Guru Nasional 2021. Upacara dilaksanakan di Halaman Gedung Biro Pusat Administrasi USU.

Rektor USU menyampaikan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim, dengan tema peringatan Hari Guru Nasional 2021 adalah "Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan".

"Tahun lalu adalah tahun penuh ujian. Kita semua tersandung dengan adanya pandemi. Guru dari Sabang sampai Merauke terpukul secara ekonomi, terpukul secara kesehatan, dan terpukul secara batin," paparnya, Kamis (25/11/2021).

Muryanto menyampaikan, guru se-Indonesia menginginkan kesempatan yang adil untuk mencapai kesejahteraan manusiawi, akses terhadap teknologi, pelatihan yang relevan dan praktis, serta kurikulum yang sederhana, dan bisa mengakomodasi kemampuan serta bakat setiap murid yang berbeda-beda.

"Guru se-Indonesia menginginkan pemimpin-pemimpin sekolah mereka untuk berpihak kepada murid, bukan pada birokrasi. Guru ingin kemerdekaan untuk berinovasi tanpa dijajah keseragaman," sebut Rektor USU.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Program Merdeka Belajar

Dalam pidato juga disampaikan, program Merdeka Belajar sudah berubah dari sebuah kebijakan menjadi suatu gerakan. Contohnya, penyederhanaan kurikulum sebagai salah satu kebijakan Merdeka Belajar berhasil melahirkan ribuan inovasi pembelajaran.

Sejalan dengan pidato Mendikbudristek, Muryanto juga menyampaikan pesannya untuk seluruh civitas akademika USU agar memperkuat pelayanan pendidikan pada mahasiswa.

"Ayo, tumbuhkan semangat untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Tidak boleh surut karena birokrasi, hambatan, guru harus bisa memotivasi terus semangat untuk memberikan pengetahuan bagi murid dan mahasiswa," sebutnya.

3 dari 3 halaman

Pakaian Adat Tradisional

Upacara Hari Guru Nasional 2021 di USU diwarnai dengan pakaian adat tradisional, para wakil rektor, dekan, dosen, dan seluruh peserta upacara menggunakan pakaian adat kekhasan masing-masing.

"Pemilihan pakaian adat sebagai seragam upacara pada peringatan Hari Guru nasional mencerminkan keberagaman Indonesia sebagai negara multikultural dalam spirit Bhinneka Tunggal Ika," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.