Sukses

Survei Charta Politika: Polda NTT Duduki Peringkat 2 dalam Pemeliharaan Kamtibmas

Hasil survei Charta Politika menempatkan Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) pada peringkat dua dari 34 Polda di Indonesia ditinjau dari Dimensi Kepuasan Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

Liputan6.com, Sikka - Hasil survei Charta Politika menempatkan Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) pada peringkat dua dari 34 polda di Indonesia ditinjau dari Dimensi Kepuasan Pemeliharaan Keamanan dan Masyarakat (Kamtibmas).

Hal ini dibenarkan oleh Kapolda NTT Irjen Pol Lotharia Latif melalui Kabidhumas Polda NTT Kombes Pol Rishian Krisna Budhiaswanto kepada awak media, Rabu (17/11/2021) di Mapolda NTT.

"Benar sesuai survei periode tanggal 10 hingga 22 Oktober 2021 yang dilakukan oleh lembaga survei publik yakni, Charta Politika Polda NTT berada pada peringkat kedua dari 34 Polda di seluruh Indonesia," dia menjelaskan.

Menurut Rishian, dimensi kepuasan pemeliharaan kamtibmas menjadi salah satu objek survei yang dilakukan oleh Charta Politica, Polda NTT mendapatkan penilaian berdasarkan survei, sebanyak 78,8 persen masyarakat puas terhadap pelaksanaan tugas Polda NTT dalam bidang pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat sedangkan 7,4 persen responden menyatakan tidak puas, dan 13,8 persen responden menyatakan tidak tahu.

Kabidhumas Polda NTT juga mengatakan bahwa, dimensi kepuasan pemeliharaan kamtibmas tersebut meliputi beberapa indikator yakni, Kepuasan pada kinerja Polda dalam melakukan tugas Kamtibmas, Kepuasan pada kinerja Polda dalam Penegakan hukum (penindakan pelanggaran lalu lintas).

"Kepuasan pada kinerja Polda dalam hal menjaga keutuhan NKRI, kepuasan pada kinerja Polda dalam menjaga kerukunan masyarakat dan Kepuasan pada kinerja Polda dalam mengatur lalu lintas," ungkapnya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kualitas Sumber Daya Manusia Polisi

Menurutnya, selain meraih peringkat II pada dimensi Kepuasan Pemeliharaan Kamtibmas sesuai hasil survei Charta Politika, Polda NTT juga meraih peringkat V Dimensi Kualitas Sumber Daya Manusia Polisi.

"Pada dimensi kualitas sumber daya manusia polisi, Polda NTT masuk dalam lima besar peringkat Polda jajaran yakni menepati urutan V dengan capaian kepuasan publik 65,6 persen," Kabidhumas Polda NTT menerangkan.

"Yang menjadi indikator penilaian dari dimensi ini meliputi, proses rekrutmen anggota kepolisian, pelaksanaan HAM oleh personel kepolisian. Pelayanan publik sesuai harapan masyarakat, kemudian kepuasan pada kinerja Polda dalam tindak lanjut laporan serta Kepuasan pada kinerja Polda dalam membangun komunikasi kepada masyarakat," tambahnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pencapaian yang diraih Polda NTT ini disampaikan saat digelarnya analisis dan evaluasi (Anev) Program Prioritas Kapolri (PPK) Triwulan III (bulan Juli-September 2021) oleh Itwasum Polri secara virtual pada Senin 17 November 2021 yang diikuti oleh Irwasda Polda NTT Kombes Pol Zulkifli bersama seluruh pejabat utama di lingkungan Polda NTT.

Atas capaian tersebut, Kapolda NTT Irjen Pol Lotharia Latif menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran Polda NTT yang telah bekerja dengan penuh dedikasi serta kepada seluruh masyarakat yang telah memberikan kepercayaan terhadap capaian kinerja Polda NTTdan jajaran.

Kapolda mengaku capaian yang diraih tersebut merupakan prestasi bersama dan kolaborasi yang baik antara anggota Polda NTT dan jajaran dengan stakeholder bersama masyarakat. Pada kesempatan itu, dia juga menyampaikan terima kasih kepada anggota atas dedikasi dan integritas yang tinggi dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan masyarakat.

"Kepada seluruh masyarakat yang telah membantu Polda NTT dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, saya sampaikan terima kasih," dia memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.