Sukses

Sumur dan Rumah Tercemar Jelaga Kebakaran Kilang Pertamina Cilacap, Begini Penanganannya

PT KPI Unit Cilacap merespons keluhan warga atas insiden kebakaran Tangki kilang Pertamina Cilacap yang terjadi pada Sabtu

Liputan6.com, Cilacap - PT Pertamina (Persero) melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Cilacap berkolaborasi dengan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) melakukan pendataan dan pengecekan langsung ke area terdampak kebakaran Tangki 36 T-102.

Hal itu dilakukan PT KPI Unit Cilacap untuk merespons keluhan warga atas insiden kebakaran Tangki kilang Pertamina Cilacap yang terjadi pada Sabtu (13/11) malam itu.

Dalam hal ini, PT KPI Unit Cilacap berkolaborasi dengan LPMK Lomanis, Donan, Sidanegara, Gunungsimping, Kebon Manis, Gumilir, Karang Talun, dan Mertasinga.

Dengan disaksikan Lurah dan para Ketua RW serta anggota Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdarkamtibmas), PT KPI Unit Cilacap membangun komunikasi dan penanggulangan dengan baik bersama masyarakat.

Setelah pendataan dan verifikasi terdampak di lapangan, Pertamina segera menyalurkan bantuan air bersih serta melakukan penyedotan air sumur dan kolam ikan milik warga yang terdampak.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penanggulangan Dampak Kebakaran

Dalam kesempatan terpisah, Lurah Kelurahan Gunungsimping Antonius Nugroho mengatakan reaksi cepat Pertamina pascakebakaran layak mendapatkan apresiasi.

"Tim Pertamina turun langsung berkoordinasi dengan pihak LPMK dan Kelurahan, lalu melakukan penyedotan pada sumur-sumur warga yang terdampak, memberikan bantuan makanan, air bersih, dan dukungan lainnya. Luar biasa, reaksi mereka begitu cepat," katanya, dikutip Antara.

Hal senada disampaikan Lurah Kelurahan Donan Tutur yang mengatakan bantuan dari Pertamina diterima sehari setelah kejadian.

"Ada sebanyak 30 keluarga dengan 62 jiwa di RW 20 yang langsung mendapat bantuan dua tangki air bersih pada Minggu (14/11) malam. Hari ini, kegiatan berlanjut pada penyedotan sumur di RT 02 dan RT 04 untuk total 154 jiwa, saya apresiasi sekali karena Pertamina sangat tanggap. Terima kasih Pertamina," katanya.

Area Manager Communication, Relations, and CSR PT KPI Unit Cilacap Cecep Supriyatna mengatakan dampak jelaga dari asap unit tangki 36T-102 yang berada di area pemukiman masyarakat mulai ditanggulangi.

"Upaya kami adalah segera menjawab apa yang dikeluhkan masyarakat dan kami tanggap tentang itu," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.