Sukses

Yuk, Tanam Mangrove untuk Cegah Abrasi

Kapolres Pati, AKBP Christian Tobing ajak masyarakat mencegah kerusakan alam khususnya abrasi di pesisir pantai.

Liputan6.com, Pati - Jelang HUT ke-71 Korpolairud, Kapolres Pati bersama Kodim, Pemkab Pati, dan sejumlah masyarakat menanam mangrove dan pembersihan sampah di kawasan pesisir pantai Pati. 

Ratusan anggota Polri, TNI, pegawai Pemerintah Daerah (Pemda), Relawan Peduli Lingkungan dan masyarakat menanam ribuan bibit pohon mangrove dan bersih pantai di kawasan pesisir pantai di Kabupaten Pati. Ini sebagai upaya bersama untuk mencegah terjadinya abrasi daratan oleh gerusan air laut.

Kawasan pesisir di Kabupaten Pati yang membentang dari Juwana hingga ke Dukuhseti, sebagian tanpa tanaman penahan gelombang, hal tersebut yang menjadi kekhawatiran, akan terjadi abrasi atau pengikisan tanah pantai.

Pada peringatan HUT ke-71 Satpolairud Polres Pati, masyarakat, relawan peduli lingkungan, Pemerintah Kabupaten, Polres dan Kodim 0718/Pati melakukan penanaman mangrove, untuk mencegah abrasi di kawasan pesisir pantai di Desa Pangkalan, Kecamatan Margoyoso.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Upaya Kurangi Pemanasan Global

Kapolres Pati AKBP Christian Tobing mengatakan, penanaman ribuan bibit mangrove di pesisir pantai Desa Pangkalan itu merupakan kolaborasi TNI, Polri, pemerintah daerah, dan masyarakat mengantisipasi pengikisan atau abrasi.

"Ini merupakan lanjutan atau konsistensi kegiatan yang kita mulai dari HUT ke-71 Polairud. Tentunya makna kegiatan ini adalah stakeholder yang ada di Kabupaten Pati berkomitmen untuk melakukan penghijauan, kemudian bagaimana kita melakukan penanaman pohon di sekitar garis-garis-garis pantai untuk menahan abrasi,” katanya kepada Liputan6.com di Pati, Jumat (12/11/2021).

Ia menyebut, penanaman mangrove tersebut salah satu upaya untuk mengurangi terjadinya pemanasan global, sehingga kegiatan penghijauan dan penanaman mangrove ini memang harus dilakukan secara berkesinambungan yang didukung oleh seluruh elemen masyarakat.

"Kami mengajak seluruh masyarakat betul-betul menjaga kelestarian lingkungan dan penghijauan untuk nantinya kita berikan kepada anak cucu kedepan. Ini kita lakukan dalam perbaikan alam kita. Kalau kita memberikan kebaikan kepada alam, tentunya alam akan memberikan yang terbaik kepada kita," ujar AKBP Christian.

Sebelum dilakukan penanaman massal ribuan pohon mangrove, dilakukan apel bersama yang dipimpin Komandan Kodim 0718/Pati Letkol CZi Adi Ilham Zamani, dan turut dihadiri perwakilan dari dinas/instansi Kabupaten Pati lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.