Sukses

Banjir Melanda Balangan Kalsel, 721 Orang Terdampak

Sebanyak 721 jiwa dari 242 KK terdampak banjir di Kecamatan Batu Mandi, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan.

Liputan6.com, Balangan - Sebanyak 721 jiwa dari 242 KK terdampak banjir di Kecamatan Batu Mandi, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan. Banjir terjadi pada Kamis (11/11/2021), pukul 06.00 WIB.

"Selain merendam rumah warga, banjir juga merendam satu kantor desa dan dua tempat ibadah," kata Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari, Jumat (12/11/2021).

Dia menjelaskan, banjir merendam tiga desa, yaitu Desa Kasai, Kaladan dan Riwa. Ketinggian muka air saat terjadi banjir berkisar 20 hingga 30 cm.

Kejadian ini berlangsung setelah Kecamatan Batu Mandi dilanda hujan dengan intensitas tinggi sehingga debit air sungai Batu Mandi meluap. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan langsung mengerahkan personel ke lokasi untuk melakukan penanganan darurat dan pendataan korban terdampak.

"BPBD Kabupaten Balangan melaporkan tidak ada korban jiwa maupun luka-luka akibat banjir tersebut," jelasnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rawan Banjir

Abdul menyebut, Kabupaten Balangan termasuk wilayah administrasi yang berpotensi dilanda banjir maupun gerakan tanah pada November 2021. Prediksi fenomena ini teridentifikasi oleh BNPB dan telah diteruskan kepada BPBD provinsi.

Kabupaten Balangan pernah dilanda banjir pada pertengahan Januari 2021. Saat itu, sebanyak 3.571 rumah terendam banjir di Kecamatan Halong, Paringin, Juai, Paringin Selatan, Tebing Tinggi dan Awayan. Ketinggian muka air mencapai 150 cm.

Hingga tiga hari ke depan, Kecamatan Batu Mandi diprediksi masih berpeluang diguyur hujan dengan intensitas ringan sampai hujan petir. Sementara analisis inaRISK mengidentifikasi, Kecamatan Batu Mandi merupakan salah satu dari delapan kecamatan di Kabupaten Balangan yang memiliki potensi banjir dengan kategori sedang hingga tinggi.

Tujuh kecamatan lain yang berada pada kategori sedang hinggi tinggi yaitu Kecamatan Lampihong, Awayan, Tebing Tinggi, Paringin, Paringin Selatan, Juai, dan Halong.

Reporter: Titin Supriatin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.