Sukses

Kebahagiaan Atlet PON XX Asal Kota Cirebon Saat Hari Pahlawan

Pada momentum Hari Pahlawan ini, dia meminta para pelatih dan atlet untuk menjadi sosok yang ikhlas seperti semangat para pejuang terdahulu melawan penjajah.

Liputan6.com, Cirebon - Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2021 menjadi momentum membahagiakan bagi para atlet Kota Cirebon yang berlaga pada PON XX Papua. Pasalnya, mereka yang berlaga mendapat apresiasi dari Pemkot Cirebon.

Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis mengaku akan memberikan penghargaan atau kadedeuh kepada Atlet Kota Cirebon yang bertanding pada PON XX Papua.

Diketahui, sebanyak 17 atlet dan dua pelatih asal Kota Cirebon berlaga pada PON XX Papua mendapat sambutan hangat dari pemda setempat.

Dari jumlah tersebut, jumlah medali yang diperoleh yakni dua emas, tiga perak, dan tiga perunggu.

"Mungkin triwulan pertama ya segera dicairkan," ujar Azis saat menyambut Atlet dan Pelatih berprestasi Kontingen Jawa Barat asal Kota Cirebon, Rabu (10/11/2021).

Azis mengatakan, kadedeuh sebagai bentuk syukur Pemkot Cirebon terhadap atlet yang berprestasi menyumbangkan medali untuk Provinsi Jawa Barat pada PON XX Papua.

Menurut dia, apa yang diberikan Pemprov Jabar kepada Atlet Kota Cirebon yang berprestasi disebut sebagai bentuk penghargaan. Hasil pemberian Pemprov Jabar tersebut disambut Pemkot Cirebon dengan rasa syukur dan pemberian Kadedeuh.

"Sesuai kemampuan kita dalam bentuk uang tunai yang jumlahnya masih kita rumuskan sehingga unsur keadilan terpenuhi," kata Azis.

Pada momentum hari pahlawan ini, dia meminta para pelatih dan atlet Kota Cirebon untuk menjadi sosok yang ikhlas. Dia menggambarkan perjuangan pahlawan melawan penjajah untuk meraih kemerdekaan.

"Sehingga pengorbanan para atlet tidak sia-sia," ujar dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prestasi Porda

Azis menyebutkan, pemberian kadedeuh rencana akan dialokasikan dalam anggara Pemkot Cirebon tahun 2022 mendatang.

Ketua KONI Kota Cirebon Wati Susilawati mengatakan, prestasi yang diperoleh pada PON XX Papua memotivasi para atlet Kota Cirebon untuk terus berprestasi pada perhelatan olahraga lain.

"Kami sekarang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti Porprov atau Porda Provinsi yang akan digelar tahun 2022 mendatang," ujar dia.

Dalam persiapan tersebut, Wati mengatakan seluruh pengurus cabang olahraga yang akan ikut porda agar bersinergi. Dia menyebutkan, ada beberapa cabor yang sudah berjalan mengikuti babak kualifikasi.

Dalam persiapan tersebut, para atlet tetap latihan sesuai protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. Sementara itu, masing-masing cabor tetap memantau para atlet.

"Harapan kami pertahankan prestasi seperti yang pernah diperoleh pada Porda tahun 2018 lalu," ujar Wati.

Wati menyebutkan, pada Porda tahun 2018 lalu, atlet asal Kota Cirebon memperoleh 18 medali emas, 45 perunggu, dan 33 perak. Perolehan prestasi atlet Kota Cirebon saat itu ada di peringkat ke 10.

Wati mengaku, saat ini, cabor yang tercatat memberi kontribusi prestasi di bidang bela diri, drumband, dansa, dan aeromodeling. Namun demikian, dia menyatakan semua cabor memiliki keunggulan.

"Semua cabor unggul karena memiliki porsi masing-masing," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.