Sukses

Terapkan PPKM Level 2, Pemkot Makassar Stop Penyaluran Bansos

Dari total 100.000 paket bansos yang rencananya akan dibagikan, saat ini baru 70.488 yang terealisasi.

Liputan6.com, Makassar - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, memutuskan untuk membatalkan penyaluran 29.513 bantuan sosial (Bansos) Covid-19 Tahap 2 di Kota Makassar. Hal ini dilakukan menyusul perubahan status Makassar yang kini menerapkan PPKM level 2.

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto mengatakan bahwa 70.488 paket yang dibagikan sebelumnya dinilai sudah mencukupi. Meskipun pada mulanya jumlah bansos ditargetkan 100.000 paket yang akan dibagikan kepada warga Kota Makassar.

"Jadi 30%-nya tidak bisa dilanjut. Ini tidak kena lagi kita instruksi itu," kata Danny.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Sosial Kota Makassar Rusmayani Madjid mengatakan, total anggaran bansos yang disediakan Pemkot Makassar untuk 100.000 paket mencapai Rp23 milliar, kendati demikian dirinya belum bisa sesumbar terkait jumlah yang sudah digunakan, lantaran belum adanya laporan anggaran yang masuk.

"Memang dia bilang tidak usah, karena sudah level 2, dan BPKP bilang kalau sudah level 2 pengadaannya sudah tidak memungkinkan," ujarnya.

Jikapun Pemkot Makassar getol merealisasikan hal ini, maka nantinya harus lebih dahulu melewati proses tender, dimana akan memakan waktu yang cukup lama. Sehingga kata Maya, tak lagi efisien di tengah waktu yang sangat mepet.

"Ini kan sudah mepet, sementara ada proses yang perlu dilalui lagi," pungkasnya. 

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.