Sukses

Kapolri ke-5 Jenderal Hoegeng Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Jenderal (Purn) Hoegeng Iman Santoso diusulkan menjadi pahlawan nasional. Selama hidupnya, Hoegeng dikenal sebagai Kapolri berintegritas. Hoegeng lahir di Pekalongan, 14 Oktober 1921, juga memiliki banyak kisah bijak selama menjabat sebagai polisi.

Liputan6.com, Medan Jenderal (Purn) Hoegeng Iman Santoso diusulkan menjadi pahlawan nasional. Selama hidupnya, Hoegeng dikenal sebagai Kapolri berintegritas. Hoegeng lahir di Pekalongan, 14 Oktober 1921, juga memiliki banyak kisah bijak selama menjabat sebagai polisi.

Hoegeng diektahui sering blusukan dan terlibat langsung dalam melayani masyarakat. Hal inilah yang membuat pihak keluarga mengeluarkan buku dalam rangka memperingati 100 Tahun Jenderal Hoegeng Iman Santoso, “Dunia Hoegeng, 100 Tahun Keteladanan” secara virtual pada Minggu, 7 November 2021.

Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) mengusulkan kepada pemerintah agar Jenderal Hoegeng diberikan gelar sebagai Pahlawan Nasional. Usulan KNPI bertepatan dengan Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November nanti.

"KNPI mengusulkan agar Jenderal Hoegeng dapat dijadikan pahlawan nasional karena dedikasinya yang besar kepada bangsa ini," kata Ketua Umum DPP KNPI Haris Pertama.

Ketua KNPI Sumut, Samsir Pohan, juga mengusulkan Hoegeng sebagai pahlawan nasional. Karena semasa menjabat, Hoegeng dikenal sebagai sosok berintegritas. Bahkan, Hoegeng menolak untuk tinggal di rumah dinas yang disediakan pemerintah.

"Keteladanan Hoegeng hingga kini masih menjadi salah satu panutan yang dilanjutkan dalam kepemimpinan Polri. Bahkan pada sebuah kesempatan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit meminta setiap insan Bhayangkara pada level pemimpin hingga pelaksana di lapangan bahkan juga masyarakat umum, untuk meneladani keteladanan Hoegeng," kata Samsir, didampingi Sekretaris, Muhammad Asril, Selasa (9/11/2021) di Medan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sosok yang Jujur

KNPI Sumut berharap, Hoegeng diberikan gelar pahlawan setelah Karel Satsuit Tubun yang dinobatkan Pahlawan Revolusi, setelah menjadi korban pasukan penculik peristiwa Gerakan 30 September 1965 (G30S).

Samsir menilai sosok Hoegeng yang dinilai jujur, sederhana, tak kenal kompromi, dan penuh dengan integritas juga membuat Hoegeng cocok menjadi teladan bagi pemuda dan generasi penerus bangsa.

"Jenderal Hoegeng sangat menginspirasi, khususnya para pemuda. Dengan integritas yang dimiliki, dan mengabdi dengan tulus untuk bangsa dan negara, Jenderal Hoegeng sudah sepantasnya dinobatkan menjadi Pahlawan Nasional," sebutnya.

3 dari 3 halaman

Teladani Hoegeng

Samsir juga berpesan kepada pemuda, khususnya di Sumut untuk meneladani kehidupan Kapolri ke-5 Jenderal Hoegeng yang sederhana serta tulus berbakti kepada bangsa dan negara.

"Para pemuda, khususnya KNPI harus menjauhi sifat eksklusif. Berbaur kepada sesama, karena KNPI memang untuk rakyat," Samsir menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.