Sukses

Selain Covid-19, Waspada Beberapa Penyakit 'Musim Hujan'

Penyakit di musim hujan banyak jenisnya mulai dari DBD, leptospirosis dan lainnya. Apa kata ahli UGM soal penyakit di musim hujan.

Liputan6.com, Yogyakarta - Saat datang musim hujan, berbagai potensi penyakit pun bermunculan. Seperti yang disampaikan pakar epidemiolog UGM, Citra Indriani. Menurutnya, potensi penyakit yang muncul ini sudah ada jauh sebelum masa pandemi Covid-19 ini. Sebut saja yang kasusnya mulai meningkat, yakni Demam Berdarah Dengue (DBD).

"Sebab, saat musim hujan terjadi peningkatan tempat perindukan nyamuk Aedes aegypti sehingga penularannya juga semakin tinggi," jelasnya, Senin (8/11/2021).

Selain DBD, Citra menyebutkan Leptospirosis menjadi penyakit saat musim penghujan, terutama di daerah yang terdapat banyak genangan air atau langganan banjir. Masyarakat yang tinggal di kawasan rawan banjir perlu mewaspadai penyakit akibat bakteri leptospira yang disebarkan melalui air kencing tikus ini dan dapat menginfeksi manusia lewat kulit, khususnya jika ada luka.

"Upayakan selalu menggunakan alas kaki agar terhindar dari Leptospirosis," imbaunya.

Masyarakat diimbau selalu menjaga lingkungan sekitar agar tidak ada sarang tikus, serta membersihkan saluran-saluran air di sekitar rumah supaya tidak tersumbat dan menjadi genangan. Jika akan membersihkan saluran air diupayakan untuk menggunakan APD untuk mencegah terinfeksi bakteri Leptospira.

Dosen FKKMK dan peneliti Pusat Kedokteran Tropis UGM ini menambahkan penyakit diare juga rentan mengalami peningkatan saat musim penghujan, terlebih di daerah yang terdampak bencana banjir. Banjir biasanya menyebabkan sistem sanitasi terganggu sehingga berpotensi adanya peningkatan kasus diare di wilayah yang terkena banjir.

Lebih lanjut, Citra menuturkan bahwa penyakit malaria di beberapa daerah endemi malaria juga biasanya akan meningkat saat musim hujan datang. Lalu, penyakit lain yang biasa muncul adalah flu biasa.

Masyarakat harus menjaga imunitas, mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang, serta menjalani Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) agar terhindar dari penyakit. Selain itu, masyarakat juga tetap diminta untuk patuh menjalankan protokol kesehatan 5M guna mencegah penularan Covid-19 karena penyebaran virus corona belum berhenti.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.