Sukses

Pekanbaru Gesa Vaksinasi Covid-19 Lansia Demi Penerapan PPKM Level 1

Capaian vaksinasi massal di Pekanbaru termasuk tertinggi di banding kabupaten lainnya di Riau tapi belum bisa menerapkan PPKM leve 1 karena vaksinasi lansia masih kurang.

Liputan6.com, Pekanbaru - Capaian vaksinasi di Kota Pekanbaru sudah di atas 70 persen dari target jumlah penduduk. Namun, ibu kota Provinsi Riau ini belum bisa menerapkan PPKM level 1 karena masih ada kekurangan kategori vaksinasi massal.

Kekurangan ini adalah vaksinasi massal bagi warga lanjut usia atau lansia. Setidaknya harus ada 60 persen lansia yang harus menerima vaksin Covid-19 dari target 70.384 warga.

Menurut Asisten I Bidang Pemerintahan Pekanbaru, Syoffaizal, target itu tengah digesa oleh dinas kesehatan setempat bekerjasama dengan Polri, TNI ataupun pengusaha.

"Paling tidak bertahan di PPKM level 2 kalau level 1 belum tercapai," kata Syoffaizal, Senin siang, 8 November 2021.

Untuk bertahan pada PPKM level 2, Syoffaizal menyebut capaian vaksinasi lansia mesti mencapai 40 persen. Angka itu tengah dikejar dengan melakukan vaksinasi massal secara terus menerus.

"Laporan terakhir, capaiannya sudah di atas 30 persen, mudah-mudahan dalam waktu dekat target 40 persen bisa tercapai," harapnya.

Menurut mantan mantan Kepala BPKAD ini, Satgas Covid-19 Kota Pekanbaru bersama dinas kesehatan dan puskesmas telah mulai melakukan vaksinasi door to door. Rumah warga langsung didatangi setelah berkoordinasi dengan RT dan RW.

"Di beberapa kecamatan, itu sudah melakukan vaksinasi door to door," katanya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tiga Kelompok

Sementara itu, plt Kepala Dinas Kesehatan Pekanbaru dr Arnaldo Eka Putra berterima kasih kepada organisasi ataupun perkumpulan masyarakat yang terus berusaha mencapai target vaksinasi.

"Ada Ikatan Alumni ITB yang melakukan vaksinasi massal hingga 10 November nanti, warga harus memanfaatkan ini," kata pria disapa Naldo ini.

Naldo menjelaskan, capaian vaksinasi di Pekanbaru jelang akhir pekan lalu sudah mencapai 78 persen untuk usia 18-59 tahun. Sedangkan vaksinasi lansia (usia 60 tahun ke atas) mencapai 39,1 persen.

Naldo menambahkan, pihaknya menargetkan 845.274 jiwa warga Pekanbaru. Vaksinasi dilakukan terhadap warga yang telah dibagi menjadi tiga kelompok.

Target vaksinasi bagi warga lanjut usia (lansia) sebanyak 70.384 orang. Target vaksinasi untuk usia antar 18 hingga 59 tahun sebanyak 651.837 orang.

"Target vaksinasi untuk remaja usai 12-17 tahun sebanyak 123.053 orang," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.