Tingkatkan Pengamanan, Polda Kaltim Antisipasi Aksi Terorisme Jelang Natal dan Tahun Baru

Oleh Abelda RN pada 08 Nov 2021, 22:00 WIB
Diperbarui 08 Nov 2021, 22:00 WIB
Barisan motor Patwal dari Korlantas Mabes Polri saat  apel pengecekan seluruh kendaraan fasilitas pengamanan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2019 di Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta. (Liputan6.com/Nanda Perdana Putra)
Perbesar
Barisan motor Patwal dari Korlantas Mabes Polri saat apel pengecekan seluruh kendaraan fasilitas pengamanan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2019 di Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta. (Liputan6.com/Nanda Perdana Putra)

Liputan6.com, Balikpapan Kepolisian Daerah (Polda) Kaltim telah mempersiapkan sejumlah upaya antisipasi kerawanan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru), meskipun perayaan tersebut masih dua bulan lagi.

Pihak Polda Kaltim sudah menyiapkan beberapa opsi pengamanan sejumlah kawasan yang menjadi pusat masyarakat.

Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak melalui Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Yusuf Sutejo mengatakan bahwa kawasan seperti rumah ibadah, pelabuhan dan bandara akan dilakukan pengamanan ketat.

"Untuk Nataru fokus pengamanan pada tempat ibadah serta tempat transportasi bandara, pelabuhan, terminal bus akan dilakukan upaya preventif kita buat pos pelayanan,” paparnya kepada Liputan6.com, pada Jumat (5/11/2021).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Saksikan Video Pilihan Ini:


Polda Kaltim Antisipasi Aksi Terorisme

Ribuan Personel Gabungan Akan Dikerahkan Amankan Natal dan Tahun Baru
Perbesar
Personel TNI bersiap mengikuti apel Operasi Lilin Jaya 2020 di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Senin (21/12/2020). Polda Metro Jaya menyiapkan 8.179 personel gabungan dari TNI, Polri dan Pemprov DKI yang akan ditempatkan di sejumlah pos pengamanan dan pos pelayanan. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Yusuf juga memberikan atensi terkait aksi terorisme, di mana Kaltim pernah menjadi lokasi persembunyian pelaku teroris. "Ya kita lakukan antisipasi itu," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan sejumlah langkah untuk mengantisipasi adanya gelombang ketiga Covid-19 dampak libur Natal dan tahun baru (Nataru).

Di mana berkaca pada awal tahun ini, terjadi kenaikan kasus Covid-19 usai libur Nataru. Polda Kaltim menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) yang melibatkan unsur BPBD, BMKG, Dinas Kesehatan serta stakeholder untuk membuat formulasi menekan laju penyebaran Covid-19.

"Pak Kapolda memberikan atensi kepada Polres jajaran mengantisipasi gelombang ketiga agar jangan kendor terus melakukan 3T yaitu testing, tracing dan treatment untuk difokuskan,” ungkap Yusuf.


Percepatan Vaksinasi

Jelang Natal - Tahun Baru, Kakorlantas Cek Kesiapan Kendaraan dan Personel
Perbesar
Polisi mengecek fasilitas kendaraan pengamanan perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Parkir Timur GBK, Jakarta, Senin (25/11/2019). Kendaraan yang dicek meliputi motor patwal, mobil patroli dan pengawasan jalan hingga angkutan derek. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Selain itu juga, percepatan vaksinasi terus digencarkan agar herd immunity dapat maksimal. "Lalu percepatan vaksinasi, dengan penerapan level berkurang tapi jangan kendor percepatan vaksinasi harus terus berjalan. Di Balikpapan sudah mendekati 80 persen kita dorong vaksin yang ada di Polda ke daerah dan Polres," ucapnya.

Yusuf juga terus mengingatkan agar seluruh pihak wajib bersama-sama disiplin protokol kesehatan. Sebab saat ini secara umum belum keluar dari status pandemi Covid-19. "Sekali lagi jangan kendor untuk terus menerapkan prokes tetap pakai masker, jaga jarak, hindari kerumunan," dia menandaskan.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya