Sukses

Pasokan Listrik di Nias Sempat Terganggu Akibat Cuaca Ekstrem, Kini Pulih 100 Persen

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Nias fokus mempercepat pemulihan pasokan listrik akibat cuaca ekstrem di beberapa wilayah Kepulauan Nias, Sumatera Utara (Sumut).

Liputan6.com, Nias PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Nias fokus mempercepat pemulihan pasokan listrik akibat cuaca ekstrem di beberapa wilayah Kepulauan Nias, Sumatera Utara (Sumut).

Manager PLN UP3 Nias, Hasudungan Siahaan mengatakan, cuaca ekstrem yang melanda Kepulauan Nias pada Jumat, 5 November 2021, meliputi Kabupaten Nias, Nias Barat, dan Nias Selatan, mengakibatkan distribusi listrik terganggu.

"Listrik terganggu akibat cuaca ekstrem seperti angin kencang dan hujan lebat," kata Hasudungan, Sabtu (6/11/2021).

Diungkapkannya, proses percepatan pemulihan pascacuaca ekstrim tersebut berhasil dilakukan. Saat ini sistem kelistrikan di Kepulauan Nias sudah pulih 100 persen.

Dalam upaya percepatan pemulihan kondisi kelistrikan di Kepulauan Nias, PLN UP3 Nias mengerahkan tim siaga sebanyak 39 orang meliputi Pegawai dan Petugas Pelayanan Teknik (Yantek).

Langkah perbaikan melalui pemulihan 22 penyulang, 1.524 gardu, dan melakukan penggantian tiang tumbang dengan konstruksi SC 1 (Double Net) serta konstruksi SC 5 (Double Net). Dilaporkan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

"Kami imbau masyarakat di tengah kondisi cuaca ekstrem untuk tetap waspada. Apabila melihat potensi bahaya ketenagalistrikan, segera lapor," ucapnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jaga Keandalan Listrik

General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumut, Pandapotan Manurung, mengucapkan terima kasih kepada PLN UP3 Nias dan para stakeholder yang turut mendukung percepatan pemulihan kondisi kelistrikan di Kepulauan Nias.

"PLN terus berupaya menjaga keandalan listrik kepada masyarakat di Kepulauan Nias, karena Pulau Nias merupakan salah satu daerah rawan bencana cuaca ekstrem," sebutnya.

3 dari 3 halaman

Imbauan ke Masyarakat

Pandapotan juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspadai cuaca ekstrem yang melanda beberapa daerah di Sumut. Apabila menemukan pohon yang mendekati jaringan listrik, agar segera melapor kepada PLN setempat.

"Sehingga dapat meminimalisir penyebab gangguan yang disebabkan pohon tidak terulang kembali," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • PLN merupakan perusahaan listrik milik negara.

    PLN

  • Listrik adalah daya atau kekuatan yang dapat digunakan untuk menghasilkan panas, cahaya, atau untuk menjalankan suatu mesin.

    Listrik

  • Cuaca ekstrem merupakan suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang sangat jarang terjadi.
    Cuaca ekstrem merupakan suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang sangat jarang terjadi.

    Cuaca Ekstrem

  • Nias

  • sumut