Sukses

Hujan Lebat di Kabupaten Bandung Sebabkan Longsor hingga Timbun Rumah

Longsoran tanah menimpa rumah warga setempat. Empat orang di antaranya mengalami luka ringan.

Liputan6.com, Bandung - Curah hujan deras dengan frekuensi yang cukup lama mengguyur Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Kamis (4/11/2021). Akibatnya, tanah yang labil di RT 02 RW 07, Kampung Cinangka, Desa Wargaluyu, Kecamatan Arjasari, mengalami longsor.

Longsoran tanah menimpa rumah warga setempat. Empat orang di antaranya mengalami luka ringan.

Berdasarkan keterangan Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, peristiwa longsor berlangsung sekitar pukul 20.15 WIB.

"Dimensi longsoran tinggi 10 meter, panjang dari arah titik longsoran hingga menimpa rumah korban 20 meter, lebar 7 meter," kata petugas Pusdalops BPBD Kabupaten Bandung Iyus Setiawan.

Iyus menjelaskan, kondisi rumah tertimbun longsoran mengalami rusak berat dan peralatan rumah tangga habis tertimpa reruntuhan. Longsoran tanah juga menutupi badan Jalan Desa Wargaluyu.

"Bapak Nana (pemilik rumah) pada saat kejadian kebetulan anaknya sedang berkunjung. Jadi, jumlah orang saat kejadian longsor ada tujuh orang. Yang tertimpa reruntuhan semuanya dalam keadaan luka ringan, empat orang dievakuasi ke puskesmas terdekat dan tiga orang lainnya selamat," tutur Iyus.

Adapun korban yang selamat kemudian mengungsi sementara di puskesos setempat. Sementara, BPBD Kabupaten Bandung melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan pihak desa untuk menangani longsor.

Tak hanya itu, Dinas Kebakaran Kabupaten Bandung unit Baleendah meluncur ke lokasi perbantuan penanganan longsor.

"Kebutuhan darurat yaitu karung, pacul, singkup, paket makanan siap saji, terpal, selimut, tikar, pakaian, family kit, dan air mineral," ungkap Iyus.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.