Pemkot Makassar Kembali Perpanjang PPKM Level 4

Oleh Fauzan pada 07 Sep 2021, 23:36 WIB
Diperbarui 04 Nov 2021, 09:03 WIB
Ilustrasi PPKM Mikro diberlakukan /dok. Unsplash Fahim
Perbesar
Ilustrasi PPKM Mikro diberlakukan /dok. Unsplash Fahim

Liputan6.com, Makassar - Pemerintah Kota Makassar kembali memperpanjang PPKM Level IV selama dua pekan ke depan.  Ketetapan tersebut diatur dalam Surat Edaran (SE) Wali Kota nomor 443.01/436/S.Edar/Kesbangpol/IX/2021 tentang perpanjangan pembatasan kegiatan masyarakat dan mulai berlaku mulai 7-20 September 2021.

Kepala Kesbangpol, Zainal Ibrahim menjelaskan, kebijakan perpanjangan PPKM merupakan amanat dari Instruksi Mendagri, nomor 40 tahun 2021. Pemerintah Daerah pun berkewajiban mengikuti instruksi tersebut.

“Ada 5 yang menjadi dasar hukumnya dan pelanggaran terhadap surat edaran yang dimaksud, akan diberikan sanksi sesuai ketentuan perundang-undangan,” terang Zainal, melalui keterangan tertulisnya yang diterima, Selasa (7/9).

Pelaksanaan PPKM akan diawasi oleh satgas bentukan pemerintah, sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19. Tugas lainnya, melakukan pemetaan terhadap titik potensi keramaian dengan berkoordinasi dengan master Covid-19.

Sementara Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto yang menyatakan optimis bisa menurunkan status level PPKM dengan adanya program Makassar Recover yang sudah berjalan selama beberapa bulan, menyampaikan agar warga Kota Makassar tidak perlu terlalu khawatir jika status PPKM level 4 diperpanjang.

“Ini merupakan keputusan pusat. Jadi kita tidak usah kecewa dan khawatir meski kita tetap level 4. Ini kita anggap bentuk sayangnya pemerintah pusat ke warga Makassar. Dua pekan lagi (perpanjangannya), tapi saya kira relaksasinya jauh lebih baik dan protokol tetap harus dilaksanakan,” ujar Danny.

Menurutnya, perpanjangan PPKM status level 4 ini, semata-mata untuk mencegah euforia atau kegembiraan berlebihan, sehingga masyarakat bisa tetap waspada tak abai dengan ptokol kesehatan.

Danny pun menyebutkan, jika saat ini kondisi penularan virus di Kota Daeng semakin menurun.

“Kemarin saja kita cuma 34 (kasus), bahkan sudah 14. Saya kira kita semakin menurun, BOR kita juga sisa 19 persen, BOR ICU kita sisa 20. PPKM status level 4 harus membuat kita terus berjuang, agar tidak puas dengan oranye, kita harus menuju kuning, meski masih level 4,” pungkasnya.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya