Sukses

Garut Sukses Gelar PORKAB Saat Pandemi Covid-19, tapi...

Seluruh tahapan gelaran PORKAB 2020 di tengah pandemi Covid-19 berlangsung sukses, dengan penerapan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat.

Liputan6.com, Garut - Pemerintah Daerah (Pemda) Garut, Jawa Barat sukses menyelenggarakan perhelatan Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) Garut 2021 di tengah pandemi Covid-19 dengan sedikit catatan.

Dalam pesta olahraga empat tahunan masyarakat Garut tersebut, Kecamatan Tarogong Kidul kembali keluar sebagai juara umum untuk kali kedua, disusul Kecamatan Karangpawitan, dan Kecamatan Samarang di tempat ketiga.

Bupati Garut, Rudy Gunawan mengatakan seluruh tahapan gelaran PORKAB 2020 di tengah pandemi Covid-19 berlangsung sukses, dengan penerapan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat.

“Yang penting kan tidak ada terkonfirmasi, kita yakinkan dengan antigen yang kita keluarkan hampir 4.000 antigen, itu semuanya baik-baik saja, negatif tidak ada (peserta) yang terkonfirmasi,” ujarnya dalam penutupan, Sabtu (30/10/2021).

Menurutnya, capaian prestasi atlet di beberapa cabang olahraga yang dipertandingkan menunjukan banyak peningkatan dibanding gelaran sebelumnyaa, di tengah tidak meratanya sarana dan infrastruktur olahraga yang memadai.

“80 persen infrastruktur hanya terdapat di Kecamatan Tarogong Kidul, jadi kalau Tarogong Kidul (juara umum) ya pantas menang infrastrukturnya kan banyak, nah kan yang di Peundeuy kan tidak ada,” kata dia.

Untuk mendukung prestasi atlet, Rudy berjanji segera melakukan pemeratan pembanguan sarana infrastruktur keolahragaan, meskipun dilakukan secara bertahap.

“Kalau kemauan ada, sarana-sarana kita bertahap pak, uang kita berkurang 300 miliar, harusnya kita juga tadinya kalau ada uang 300 miliar, kita bangun dan mempercantik kota,” ujarnya.

Dalam Undang-Undang Nomor. 3 Tahun 2005 tentang sistem olahraga nasional, pemerintah mempunyai kewajiban menyiapkan infrastruktur dan sarana olahraga baik olahraga prestasi, olahraga hobi, maupun pendidikan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Catatan KONI

Sementara itu, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Garut, Abdusy Syakur Amin mengatakan, gelaran PORKAB 2021 di tengah pandemi Covid-19 ini, merupakan tantangan tersendiri bagi pemerintah, termasuk memberikan perhatian dalam perbaikan fasilitas olahraga.

“Alhamdulillah pemerintah semakin mengetahui bahwa tantangan yang dihadapi oleh kita KONI dan Dispora,” kata dia.

Menurutnya, capaian prestasi atlet beriringan dengan penyediaan sejumlah fasilitas olahraga, sehingga dibutuhkan perhatian dalam penyediaan fasilitas olahraga yang memadai dan merata di tiap wilayah.

“Kenapa Tarogong Kidul bagus? karena memang fasilitas ada di situ sebagian besar,” kata dia.

Dengan penyediaan infrastruktur olahraga yang memadai, Syakur berharap pengembangan potensi dan prestasi olahraga lebih merata.

“Harapan kita, Pak Bupati akan membangun beberapa venue yang lebih representatif di beberapa daerah, sesuai dengan potensinya,” ujarnya.

Berikut 3 Besar Perolehan Medali Porkab Garut Tahun 2021, Kecamatan Tarogong Kidul :  32 emas, 32 perak, dan 45 perunggu dengan total  109 medali, Kecamatan Karangpawitan : 28 emas, 18 perunggu, dan 46 perunggu, dengan total 92 medali, 3. Kecamatan Samarang: 26 emas, 26 perak,  dan19, dengan tota 71 medali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.