Sukses

Penumpang di Bandara SAMS Sepinggan Mulai Meningkat

Semenjak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Balikpapan turun menjadi level 2, kebijakan pelonggaran aktivitas masyarakat pun mulai dilakukan.

Liputan6.com, Balikpapan - Semenjak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Balikpapan turun menjadi level 2, kebijakan pelonggaran aktivitas masyarakat pun mulai dilakukan.

Hal ini, turut memengaruhi beberapa sektor. salah satunya di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan.

Pergerakan penumpang pesawat selama turunnya PPKM dari level 4 menjadi level 2 ini mulai meningkat. Hal itu diungkapkan oleh General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Rika Danakusuma.

“Akibat Covid-19 sempat berdampak untuk jumlah penumpang mengalami penurunan,” terang Rika, saat ditemui di kantornya, Kamis (28/10/2021).

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pergerakan Penumpang Bandara Sepinggan

Dia menyebut, untuk total rata-rata pergerakan penumpang di Bulan Oktober ini sekitar 8 ribuan penumpang per harinya. “Jadi kalau berbicara PPKM ini ada pergerakan dari 6 ribu di tahun lalu menjadi 8 ribuan, itu rata-ratanya," bebernya.

Meski sempat mengalami penurunan jumlah penumpang, tidak lantas menurunkan standar servis kepada para penumpang. Pelayanan kepada penumpang tetap dilakukan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).

Apalagi, aturan dari pemerintah untuk aktivitas ke luar masuk ke daerah melalui jalur udara kerap berubah-ubah. Pihaknya selalu berusaha menerapkan sesuai dengan aturan pemerintah. Hal ini juga yang sangat memengaruhi jumlah penumpang.

“Ada beberapa aturan terbaru saat ini terkait penerbangan dan sudah kami laksanakan. Di antaranya berkaitan dengan syarat penebangan, calon penumpang di haruskan telah menjalankan vaksin tahap pertama. Dari dan keluar pulau Jawa-Bali, wajib menggunakan PCR dengan waktu 3 kali 24 jam. Sedangkan di luar Jawa-Bali menggunakan antigen 1 kali 24 jam, ini aturan yang terakhir yang baru kami dapatkan. Mudah-mudahan tidak ada perubahan lagi," terangnya.

3 dari 3 halaman

Aktivitas Masyarakat

Dari pengamatan Rika, animo masyarakat saat ini diakui banyak yang bepergian keluar kota untuk berlibur. Sementara, penumpang yang datang ke Balikpapan rata-rata hanya melakukan perjalanan bisnakan

Melihat hal itu, upaya untuk meningkatkan wisatawan datang ke Kalimantan Timur, khususnya Balikpapan, pihak Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan berencana akan berkolaborasi dengan Pemkot Balikpapan dan Pemprov Kalimantan Timur.

“Terkait bagaimana mendongkrak traffic salah satu caranya adalah dengan menarik pengunjung dengan daya tarik wisata. Dan melihat kegiatan ekonomi lainnya yang bisa dikembangkan. Karena ini juga merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan penumpang,” kata Rika.

Lebih lanjut dia katakan, potensi di Kaltim tidak kalah dengan wilayah lainnya. “Dari situ kita bisa bicarakan dengan Pemkot dan Pemprov. Dan itu wacana kita dalam waktu dekat ini, Karena Bandara ini merupakan pendapatan kita bersama," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.