Sukses

21 Ribu Pelajar di Kaltim Ikut Vaksinasi Covid-19, Polda Kaltim Pecahkan Rekor MURI

Demi mendukung jalannya Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di wilayah Kalimantan Timur (Kaltim). Polda Kaltim pun turut membantu upaya pemerintah untuk percepatan vaksinasi khususnya bagi para pelajar.

Liputan6.com, Balikpapan - Demi mendukung jalannya Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di wilayah Kalimantan Timur (Kaltim). Polda Kaltim pun turut membantu upaya pemerintah untuk percepatan vaksinasi Covid-19 khususnya bagi para pelajar.

Vaksinasi massal yang digelar serentak di Kabupaten dan Kota di Kaltim pada Selasa (26/10/2021) ini, digelar oleh Polda Kaltim dan Akabri Angkatan 1990, dengan menyasar pelajar SMP dan SMA.

Tak tanggung-tanggung, pada vaksinasi yang berlangsung di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome ini, 9.000 dosis vaksin jenis Sinovac disiapkan Polda Kaltim.

"Tak cuma di Balikpapan, vaksinasi bagi pelajar juga digelar di seluruh daerah di Kalimantan Timur. Jika semua terserap ada 21 ribu dosis vaksin yang kami siapkan," ungkap Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak, di sela melakukan peninjauan jalannya vaksinasi, Selasa (26/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

3 dari 4 halaman

Dapat Penghargaan MURI

Bahkan, lanjut polisi lulusan Akabri tahun 1990 ini, pelaksanaan vaksinasi tersebut juga mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI). "Kami mendapat penghargaan dari MURI untuk pelaksanaan vaksinasi pelajar terbanyak di satu titik yakni 9 ribu dosis di Balikpapan," beber Herry.

Jenderal bintang dua ini menambahkan, jika vaksinasi 9 ribu pelajar di Balikpapan tuntas, maka cakupan vaksinasi pelajar bakal mencapai hampir 100 persen.

"Tadi saya dapat info kalau sejauh ini vaksinasi pelajar sudah mencapai 70 persen lebih. Jika ditambah 9.000 pelajar yang kita vaksin hari ini, maka cakupan vaksinasi pelajar di Balikpapan sudah mendekati 100 persen," dia menerangkan.

4 dari 4 halaman

Masyarakat Masih Takut Terima Vaksin

Memang, kata dia, untuk mencapai 100 persen vaksinasi pelajar bukan soal mudah. Salah satu kendala adalah masih ada orangtua yang ogah memberi izin vaksin bagi anaknya.

Terkait kendala izin dari orangtua ini, Polda Kaltim bakal melakukan pendekatan kepada orangtua siswa.

"Nanti akan kita identifikasi sebabnya mereka enggan menerima vaksin. Setelah itu baru kita yakinkan agar mau divaksin," paparnya.

Selain vaksinasi, Akabri Angkatan 1990 juga menyerahkan bantuan sosial berupa sembako dan beras sebanyak 90 ton, kepada warga yang tampak Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.