Sukses

Perkenalkan NUChat, Aplikasi Pesan Canggih PBNU untuk Semua Jenis Ponsel dan Jaringan

Aplikasi pesan digital yang diluncurkan oleh PBNU memiliki keunggulan dan keunikan tersendiri menyesuaikan dengan kondisi masyarakat Indonesia.

Liputan6.com, Cirebon - Adaptasi era digital memotivasi warga NU untuk meluncurkan sebuah platform aplikasi pesan bernama NUChat.

Aplikasi diluncurkan oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di Ponpes Kempek Cirebon bekerja sama dengan PT Gerbang Prima Sukses (GPS).

Ketua Umum PBNU Kh Said Aqil Sirodj mengatakan, aplikasi tersebut bisa digunakan oleh masyarakat umum.

"Tidak hanya untuk warga NU saja tapi umum. Kami warga NU sendiri dituntut untuk bisa beradaptasi di era digital jangan ketinggalan," kata Said Aqil usai peluncuran aplikasi NUChat di Ponpes Khas Kempek Cirebon, Senin (25/10/2021).

Dia menegaskan, munculnya aplikasi NUChat merupakan jawaban atas tantangan khususnya warga NU pada era digital.

Said Aqil mengatakan NUChat tak hanya diperuntukkan bagi warga NU. Bahkan, kata dia, aplikasi tersebut bisa diakses oleh pengguna ponsel jadul.

Said Aqil mengatakan, NUChat bisa menjadi sarana warga NU untuk mengelola database. Said Aqil memastikan keamanan dan kenyamanan bagi para pengguna NUChat.

"Katanya anggota NU itu 94 juta. Pembuktiannya di sini bagian database, untuk memastikan juga. Jadi data pribadi aman tidak disebar," kata Said Aqil.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keamanan Data

Sementara itu, Dirut Supertext Sandjaja Thahajadiputra menjelaskan, NUChat merupakan aplikasi platform pesan seperti WhatsApp (WA) atau sejenisnya.

Bahkan, aplikasi tersebut memiliki kelebihan tanpa batas. tidak hanya warga yang memiliki gawai smartphone, NUChat juga bisa diakses warga pengguna ponsel jadul melalui layanan SMS pesan singkat.

Selain itu, pengguna NUChat tak perlu khawatir jika jaringan seluler terganggu otomatis beralih ke SMS. Sesama pengguna NUChat bisa tetap berkomunikasi dalam kondisi sinyal buruk.

"Ada juga fitur lainnya, bisa untuk pembayaran zakat melalui digital, umrah dan kurban," kata Sandjaja.

Sandjaja mengatakan NUChat dilengkapi dengan keamanan dan hak privasi bagi penggunanya. NUChat dibuat sesuai dengan aturan yang ada.

"Kita memiliki filter, termasuk konten-konten yang tak pantas. Kita kerja sama dengan telekomunikasi operator seluruh Indonesia. Jadi, privasi, keamanan dan lainnya sangat terjaga," kata Sandjaja.

Aplikasi perpesanan NUChat ini bia diunduh melalui PlayStore. Dalam menikmati aplikasi terbaru ini, pengguna NUChat bisa menikmati informasi berita yang bersumber dari NU.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.