Sukses

Program Gerebek Desa Sukses Tingkatkan Capaian Vaksinasi Covid-19 di Mamuju

Program gerebek desa dengan sistem jemput bola ini dinilai lebih efektif dibandingkan dengan sistem vaksinasi terpusat

Liputan6.com, Mamuju - Program 'Gerebek Desa' yang diinisiasi Polda Sulawesi Barat mampu meningkatkan capaian vaksinasi Covid-19 di Mamuju. Program dengan sistem jemput bola ini dinilai lebih efektif dibandingkan dengan sistem vaksinasi terpusat.

Kapolresta Mamuju, Kombes Pol Iskandar mengatakan, sejak digulirkan pada awal Oktober 2021 lalu, program ini sudah menyasar beberapa desa yang capaian vaksinasinya sangat rendah. Respon masyarakat akan program ini juga sangat baik.

"Dalam sehari kita bisa mencapai 2295 target vaksin, ini sudah melebihi vaksinasi massal yang biasa kita lakukan," kata Iskandar kepada Liputan6.com, Minggu (24/10/2021).

Iskandar menambahkan, tingginya minat masyarakat terhadap program gerebek desa, karena memberi kemudahan bagi mereka untuk menerima suntikan vaksin. Mereka tidak lagi harus mendatangi pusat-pusat vaksinasi Covid-19 yang jaraknya cukup jauh dari tempat mereka.

"Selain memberi kemudahan, kita juga terbantu akan kesadaran masyarakat terkait vaksin yang sudah sangat baik, mereka sudah sadar bahwa vaksin itu sangat perlu bagi mereka," ujar Iskandar.

 

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Capai Herd Immunity

Melihat respons masyarakat yang begitu baik, Iskandar mengungkapkan, program gerebek desa akan terus mereka laksanakan. Ia menargetkan Mamuju dapat mencapai ambang batas kekebalan kelompok (herd immunity) dengan waktu yang tidak terlalu lama.

"Saya berharap pemerintah daerah, instansi terkait lainnya kita bekerjasama dan bekerja bersama-sama, tidak bisa kita berjalan sendiri-sendiri," harap Iskandar.

Sedangkan, Bupati Mamuju, Siti Sutinah Suhardi mengatakan, pihaknya akan terus mendukung setiap program yang mampu meningkatkan capaian vaksinasi Covid-19 di daerahnya. Ia juga mengatakan, kolaborasi dalam percepatan vaksinasi ini memang sangat dibutuhkan.

"Tentu kita akan terus mendukung kegiatan seperti gerebek desa ini, saya sudah memerintahkan dinas kesehatan untuk terus mendukung kegiatan ini," kata Sutinah.

Sutinah juga menghimbau agar masyarakat dapat mendukung langkah pemerintah dalam percepatan penanganan Covid-19. Ia mengajak masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi guna membentuk herd immunity.

"Kepada masyarakat Mamuju, ayo kita vaksin, jangan takut karena vaksinasi ini untuk kebaikan kita semua. Jangan percaya berita hoaks terkait vaksinasi ini," tutup Sutinah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.