Sukses

Longsor di Sibolangit Jalur Medan-Berastagi, Masyarakat Diimbau Lewat Jalan Alternatif

Longsor terjadi di jalur lintas Kota Medan menuju Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut). Tepatnya di Jalan Jamin Ginting, Desa Lau Kaban, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, tidak jauh dari PDAM Tirtanadi, Sabtu (23/10/2021).

Liputan6.com, Deli Serdang Longsor terjadi di jalur lintas Kota Medan menuju Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut). Tepatnya di Jalan Jamin Ginting, Desa Lau Kaban, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, tidak jauh dari PDAM Tirtanadi, Sabtu (23/10/2021).

Kasat Lantas Polres Tanah Karo, AKP Ita Lestari br Ginting mengatakan, pihaknya mendapatkan info terjadinya longsor sekitar pukul 19.00 WIB saat hujan deras melanda. Longsor membuat arus lalulintas dari Kota Medan menuju Kabupaten Karo maupun sebaliknya terputus.

Arus lalu lintas dialihkan menuju jalur Kabupaten Langkat. Jalur Medan-Berastagi dari Kabupaten Langkat melintasi kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL). Bagi pengendara yang ingin melintas jalur ini bisa melalui Berastagi menuju Simpang Empat.

"Masyarakat diimbau untuk mencari jalur alternatif. Bagi pengendara yang hendak menuju ke Medan, kita arahkan dari jalur Langkat," sebutnya.

Material longsor berupa pohon dan bebatuan dengan ukuran besar menutupi sebagian besar jalan. Bahkan material longsor ada yang menimpa sejumlah kendaraan, serta berdampak kepada kendaraan lain yang sedang melintas.

Ita menerangkan, bagi masyarakat yang melintasi jalur Kabupaten Langkat diimbau bergerak ke arah Kecamatan Namanteran hingga nanti tembus ke kawasan TNGL. Dari jalur ini tembus ke kawasan Pamah Semelir, Langkat, kiga bisa mengarah ke Kota Binjai.

"Personel Satlantas Polres Tanah Karo telah ditempatkan di beberapa titik untuk memberikan informasi kepada masyarakat, dan diimbau mencari jalur alternatif," sebutnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dikabarkan Ada Korban Jiwa

Informasi diperoleh Liputan6.com, bencana longsor yang terjadi di jalur lintas Medan-Berastagi, tepatnya di kawasan Sibolangit menyebabkan sejumlah kendaraan tertimbun. Bahkan dikabarkan menelan korban jiwa.

Video dan foto-foto terkait longsor di Sibolangit juga beredar di sejumlah media sosial dan WhatsApp Grup (WAG). Tampak juga material longsor seperti batu berukuran besar menimpa kendaraan yang sedang melintas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.