Sukses

Peringati Hari Santri Nasional, Ribuan Santri di Riau Terima Vaksin Covid-19

Peringatan Hari Santri Nasional di Riau diiringi dengan vaksinasi massal terhadap santri di Kabupaten Kampar oleh Polda Riau.

Liputan6.com, Pekanbaru - Sebanyak 3.000 dosis vaksin Covid-19 disuntikkan kepada santri di Kabupaten Kampar. Selain menciptakan kekebalan kelompok, vaksinasi massal ini juga dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional.

Salah satu titik vaksinasi Covid-19 bagi santri ini di Pondok Pesantren Hidayatul Salafiyah Desa Utama Karya, Kecamatan Kampar Kiri Tengah. Kepala Polda Riau Irjen Agung hadir menyaksikan pelaksanaan vaksinasi untuk santri ini.

Bupati Kabupaten Kampar H Catur Sugeng Susanto berterima kasih kepada Irjen Agung karena peringatan Hari Santri Nasional bisa diiringi dengan vaksinasi massal. Terlebih lagi, dilaksanakan di Kampar yang memang merupakan kabupaten paling banyak pesantren di Riau.

"Kegiatan ini tentunya berkontribusi dalam mengatasi pandemi Covid-19 dengan terciptanya herd immunity atau kekebalan komunal di masyarakat, khususnya di Kampar ini," ujar Catur, Jumat siang, 22 Oktober 2021.

Pimpinan Ponpes Hidayatul Salafiyah, Kiai Yasin Yusuf mengaku bahagia telah dikunjungi oleh Irjen Agung dan jajaran pejabat utama Polda Riau.

"Sesuai tema peringatan 'Sehat Jiwa Raga', kita berharap vaksinasi membuat para santri menjadi lebih sehat jiwa raga sehingga lebih fokus dalam menuntut ilmu," kata Kiai Yasin Yusuf.

Sementara itu, Irjen Agung mengaku bahagia berada di tengah para santri. Terkhusus, ikut memperingati Hari Santri Nasional yang menjadi kebanggaan bagi para santri.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Santri Bagian Utama

Agung menyatakan, pemerintah telah menempatkan para santri sebagai bagian utama. Pasalnya para santri adalah masa depan atau generasi penerus bangsa.

"Targetnya hari ini di Kampar 3.000 dosis untuk seluruh Kabupaten Kampar, ini sebagai ikhtiar mewujudkan herd immunity guna mengatasi pandemi Covid-19," ucap jenderal bintang dua ini.

Agung berterima kasih kepada santri karena turut membantu pemerintah menyelesaikan Covid-19. Begitu juga dengan jajaran pemerintahan di Kabupaten Kampar.

"Semoga para santri dengan semangatnya menjadi pendorong untuk kemajuan bangsa," kata Agung.

Adapun jenis vaksin yang diberikan kepada santri adalah Sinovac. Ini bersumber dari vial Polri dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar.

Di Ponpes ini ada 1.600 vaksin yang dialokasikan. Sementara, sisanya disebar ke beberapa pesantren lainnya di Kabupaten Kampar yang pada waktu bersamaan juga mengadakan vaksinasi bagi para santrinya.

Vaksinasi ini melibatkan enam tim vaksinator. Jumlah itu terdiri dari 30 orang tenaga kesehatan dari Polres Kampar, Bidang Dokter Kesehatan Polda Riau, Puskesmas Kampar Kiri Tengah, Puskesmas Bangkinang, dan Rumah Sakit Pelita Perhentian Raja.

Pelaksanaan vaksinasi di Ponpes ini mengikuti beberapa tahapan. Mulai dari pendataan, skrining, penyuntikan vaksin, dan observasi. Rangkaian kegiatan menerapkan protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran Covid-19.

Selain vaksinasi massal, Agung juga menyerahkan bantuan sosial secara simbolis kepada perwakilan santri dan santriwati. Mereka diharapkan senantiasa semangat menuntut ilmu sebagai bekal masa depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.