Sukses

Belajar Kompak Kembangkan UMKM Kuliner dari Komunitas Partner GoFood

Berbagai cara dilakukan platform digital Gojek dalam membantu memulihkan perekonomian nasional, salah satunya dengan edukasi dan pengembangan kapasitas melalui Komunitas Partner GoFood (KOMPAG).

Liputan6.com, Denpasar - UMKM kuliner menjadi salah satu bidang usaha yang terdampak pada masa pandemi Covid-19. Untuk dapat terus bertahan, sebanyak 42 persen UMKM menggunakan platform digital seperti Gojek dan media sosial sebagai antisipasi kebijakan PPKM.

Dalam daftar GoFood diketahui sebanyak 43% UMKM bergabung menjadi mitra usaha pengusaha pemula dan sebanyak 250 ribu usaha kuliner baru go online di GoFood pada masa pandemi 2020.

Hal tersebut merupakan salah satu upaya bagi Gojek melalui GoFood untuk dapat berperan aktif mendorong UMKM go online dan bertahan di tengah masa pandemi.

Chief Food Officer Gojek Group, Catherine Hindra Sutjahyo mengatakan walaupun sudah berhasil pindah ke platform online, UMKM kuliner masih menghadapi tantangan dalam memastikan keberlanjutan bisnis.

"Kami mempelajari bahwa dukungan edukasi dan pengembangan kapasitas melalui Komunitas Partner GoFood (KOMPAG) penting dilakukan, agar UMKM dapat meningkatkan keterampilan dan mampu bersaing di tengah kompetisi bisnis kuliner yang semakin ketat," ujarnya.

Ia menyebut komunitas KOMPAG merupakan pionir wadah komunitas UMKM kuliner di industri digital kini tumbuh menjadi wadah terbesar yang diikuti oleh lebih dari 107 ribu UMKM kuliner dari 70 kota di Indonesia untuk menambah ilmu, berkolaborasi, dan berjejaring. 

Menurutnya, program pelatihan dan kesempatan berjejaring ratusan ribu UMKM kuliner berhasil meningkatkan keterampilan bisnis.

Catherine menambahkan, program tersebut juga sebagai ajang pelatihan yang dipandu oleh mentor. Para mitra UMKM kuliner juga bisa mendapatkan tips sukses mengelola bisnis secara mandiri lewat aplikasi GoBiz dan mengakses menu 'BizTips'. 

"Berkat kegigihan mitra UMKM serta dukungan GoFood, rata-rata pendapatan bulanan mitra UMKM kuliner yang bergabung di masa pandemi meningkat hingga 7 kali lipat. Inilah yang terus memotivasi kami untuk berinovasi dan memperkuat wadah edukasi serta berjejaring, KOMPAG," imbuh Catherine.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ulang Tahun ke-2

Semarak KOMPAG kembali hadir untuk memperingati 2 tahun perjalanan KOMPAG bersama para anggota. Di perayaan kali ini, GoFood mengundang para pakar industri kuliner, seperti Hendy Setiono (Founder & Group CEO Baba Rafi Enterprise), Danu Sofwan (Founder Radja Cendol, Es Teh Indonesia, Basreng Gonjreng), dan Nanang Suherman (Owner Ayam Goreng Nelongso) untuk mengisi sesi edukasi dengan mengusung tema ‘Strategi Cuan Bisnis Kuliner Online dengan Modal Usaha Rumahan’. 

Sementara itu, Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Nia Niscaya memberikan selamat atas kesuksesan Gofood dalam memberikan pendampingan bagi para pelaku UMKM. 

"Kami sepakat dengan Gofood bahwa dukungan bagi UMKM tidak bisa berhenti pada digitalisasi, tapi juga mendukung keberlanjutan usaha UMKM di tengah perubahankebutuhan dan daya beli masyarakat yang kian dinamis. Salah satunya dengan pembinaan melalui KOMPAG," ujar dia.

Ia melihat, keseriusan Gofood mengharap sektor tersebut bisa menjadi inovasi yang akan menciptakan banyak lapangan pekerjaan, "Semoga KOMPAG terus diperluas dan manjadi wadah positif untuk berbagai kebutuhan dan pelaku usaha bagi pelaku usaha kuliner se-Indonesia," katanya.

Pada kesempatan yang sama, GoFood memberikan apresiasi kepada 26 mitra UMKM dan 1 grup kota ter-KOMPAG yang tetap solid berbagi dan menginspirasi sepanjang tahun 2021 dengan total hadiah lebih dari Rp 100 juta. Pemenang kategori 'Mitra Usaha Inspiratif' melaju ke ajang penghargaan Mitra Juara Gojek dan berkompetisi dengan mitra lainnya dari berbagai layanan. Ajang Mitra Juara Gojek merupakan rangkaian dari peringatan ulang tahun ke-11 Gojek.

KOMPAG terbuka luas bagi seluruh mitra usaha GoFood. Untuk bergabung, mitra bisa mengisi form registrasi di Facebook Komunitas Partner GoFood (KOMPAG) yang dapat diakses melalui tautan bit.ly/KOMPAGFB. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.