Sukses

Hiswana Migas Pastikan Distribusi BBM ke SPBU di Sumut Mulai Normal

Distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Sumatera Utara (Sumut) saat ini sudah berangsur normal. SPBU juga tetap menjaga stok BBM pengganti atau sejenis dengan Bahan Bakar Khusu (BBK).

Liputan6.com, Medan Distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Sumatera Utara (Sumut) saat ini sudah berangsur normal. SPBU juga tetap menjaga stok BBM pengganti atau sejenis dengan Bahan Bakar Khusus (BBK).

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Sumut, Rajali Husein mengatakan, semua SPBU sudah mulai normal secara bertahap dan diusahakan merata, serta diminta tetap menjaga stok.

"Pelan-pelan distribusi BBM sudah mulai berangsur normal dan merata, tidak ada lagi masalah," kata Rajali, Selasa (19/10/2021).

Dijelaskannya, persoalan kapal tangker yang terlambat sandar di Pelauhan Belawan sudah mulai diatasi dengan baik oleh PT Pertamina Patra Niaga Sumbagut. Distribusi sudah berjalan terus menerus secara berlanjutan.

"Kita sudah memantau distribusi, dan secara bertahap sudah mulai normal. Pelan-pelan tidak ada lagi antrean di SPBU, karena hampir merata semua SPBU sudah tersedia BBM," jelasnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masyarakat Tidak Perlu Panik

Kepada masyarakat, Hiswana Migas mengimbau untuk tidak perlu panik, karena masalah kelangkaan BBM di sejumlah SPBU juga sudah dikordinasikan antara Hiswana Migas dengan PT Pertamina secara berkelanjutan.

"Lihat saja sendiri saat ini semua SPBU sudah mulai normal. Tidak ada lagi antrean," ujarnya.

PT Pertamina Patra Niaga Sumbagut sebelumnya memastikan stok BBM di wilayah Sumut dalam kondisi aman. Kapal tanker sudah merapat, dan BBM sudah disalurkan ke setiap SPBU. Kapal tanker tersebut bermuatan 15.900 Kilo Liter (KL).

"Dengan jumlah tersebut diperkirakan stok BBM aman untuk beberapa hari ke depan di Sumut. Pertamina Patra Niaga siap memberikan tambahan pasokan BBM untuk daerah-daerah yang mengalami peningkatan konsumsi, misalnya Medan dan Deli Serdang," kata Area Manager Communication Relation & CSR Sumbagut, PT Pertamina Patra Niaga Sub Holding Pertamina Commercial & Trading, Taufikurachman, Kamis, 14 Oktober 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.