Sukses

Banjir di Ogan Komering Ulu, Ratusan Orang Mengungsi

Hujan dengan intensitas tinggi memicu terjadinya luapan di Sungai Ogan, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan.

Liputan6.com, OKU - Hujan dengan intensitas tinggi memicu terjadinya luapan di Sungai Ogan, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, Minggu (17/10/2021). Akibatnya, sekitar 140 rumah terendam banjir dengan Tinggi Muka Air (TMA) 50 sampai 150 sentimeter.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari mengatakan, banjir juga mengakibatkan dua jembatan gantung rusak berat, dua gedung balai desa, satu gedung sekolah dan satu tempat ibadah terendam banjir.

"Banjir juga berdampak pada 520 jiwa dan memaksa sedikitnya 110 jiwa mengungsi," ungkapnya, Senin (18/10/2021).

Abdul menyebut, data ini berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ogan Komering Ulu. Hasil pengamatan sementara di lapangan, banjir telah berdampak di tiga desa yang meliputi Desa Lubuk Tupak, Desa Muara Saeh, Desa Lontar di Kecamatan Muara Jaya.

Selain itu, sejumlah wilayah di Kecamatan Semidangani dan Kecamatan Pangandonan juga terdampak, namun detailnya masih dalam proses pendataan lebih lanjut. Kondisi mutakhir hari ini pukul 03.00 WIB, banjir berangsur surut, namun hujan masih turun dengan intensitas sedang.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Potensi Hujan Lebat

Dalam rangka percepatan penanganan banjir, BPBD Ogan Komering Ulu berkoordinasi dengan lintas instansi terkait dan melakukan kaji cepat. Beberapa personel berikut peralatan dan logistik juga diturunkan guna memenuhi kebutuhan warga terdampak dan membantu proses evakuasi.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan informasi prakiraan cuaca yang menyebut bahwa Provinsi Sumatera Selatan masih berpotensi terjadi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang hingga Selasa (19/10/2021).

"Merujuk pada monitoring prakiraan cuaca dari BMKG, BNPB meminta seluruh pemangku kebijakan yang ada di daerah agar senantiasa melakukan upaya mitigasi dan peningkatan kesiapsiagaan masyarakat dalam rangka menghadapi adanya potensi bencana hidrometeorologi yang dapat dipicu oleh faktor cuaca," kata Abdul.

Reporter: Titin Supriatin

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.