Sukses

Rayakan Ultah Jimin BTS di Yogyakarta dengan Donasi untuk Kucing Liar

Penggemar Jimin BTS yang berada di Yogyakarta menggelar perayaan bertajuk Jimin Furyytale.

Liputan6.com, Yogyakarta - Ulang tahun Park Ji-min atau yang dikenal dengan nama Jimin BTS yang jatuh pada 13 Oktober juga dirayakan penggemarnya di Yogyakarta. Penggemar personel boyband Korea Selatan yang berada di Yogyakarta menggelar perayaan bertajuk Jimin Furyytale.

Perayaan ulang tahun ini adalah sebuah proyek donasi yang diprakarsai Jiminesia, sebuah channel di Telegram, wadah bagi ARMY (sebutan fans BTS) untuk berinteraksi. Menurut Akira, founder Jiminesia, donasi ini dimulai pada tanggal 1 September hingga tanggal 13 Oktober 2021.

Pengumpulan donasi dilakukan dengan tiga cara, yaitu donasi langsung ke e-wallet, donasi dengan pembelian merchandise, dan yang terakhir adalah donasi dengan pembelian minuman kopi.

Ide awal proyek donasi ini bermula dari live streaming Jimin BTS ketika ditanyai oleh seorang fans perihal niat memelihara binatang. Jimin menjawab tidak bisa memelihara kucing karena alergi dan tidak bisa memelihara anjing karena sedang sibuk, sehingga memilih tidak memelihara apa pun.

"Jadi bisa dibilang proyek ini sebagai bentuk perpanjangan tangan sayangnya Jimin ke hewan terutama kucing," ujar Akira, Rabu (13/10/2021).

Sementara itu, penamaan Jimin Furrytale, berasal dari gabungan kata furry friend yang berarti anabul atau anak berbulu (sebutan untuk hewan peliharaan) dan fairytale yang berarti dongeng.

"Kata Furrytale sendiri diambil karena Jimin BTS memiliki sifat yang amat baik dan terpuji layaknya malaikat," ucapnya.

Hasil donasi yang telah terkumpul 100 persen akan disalurkan kepada Komunitas Peduli Kucing Pasar Yogyakarta, yang selama ini memberi makan dan sterilisasi kucing-kucing di 34 pasar.

Harapan lain yang tertuang dalam proyek ini, untuk membantu kucing liar mendapatkan pemilik karena hasil donasi yang ada juga akan dipakai untuk sterilisasi kucing liar. Kucing liar yang ada akan diadopsi oleh siapa pun yang tertarik, tentunya dengan beberapa syarat yang ditetapkan oleh pihak Peduli Kucing Pasar Yogyakarta.

Selain proyek donasi di Yogyakarta, Jiminesia juga menyelenggarakan proyek lain yang berbentuk selca dengan hewan yang dapat diunggah melalui Twitter atau Instagram dengan tagar #JiminFurryTale dan #HappyBirthdayJimin. Peserta yang beruntung akan mendapatkan satu set photocard BTS.

 

Penulis: Yohana Nabilla

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.