Menanam Puluhan Ribu Mangarove Menuju Net-Zero Emisi 2050

Oleh Abelda Gunawan pada 16 Okt 2021, 06:00 WIB
Diperbarui 16 Okt 2021, 06:00 WIB
Penanaman mangrove Indika Group
Perbesar
Penanaman mangrove oleh Indika Group di Balikpapan Kaltim.

 

Liputan6.com, Balikpapan Dalam rangka menuju Net-Zero Emisi tahun 2050, Indika Group di seluruh Indonesia menanam sebanyak 21 ribu bibit Mangrove. 

Di Kota Balikpapan sendiri ada 2.500 bibit pohon Mangrove yang ditanam di kawasan Kariangau tepatnya di Kampung Nelayan Berdasi RT 3 Kelurahan Kariangau, Balikpapan Barat, pada Selasa (12/10/2021).

Selain bertujuan Net-Zero Emisi, kegiatan penanaman bibit Mangrove ini sendiri dilakukan dalam rangka memperingati Annyversary ke-21 Holding Company PT. Indika Energy Tbk, bersama PT Petrosea dan PT Interport Mandiri Utama.

Dalam sambutannya Asset Operation Manager PT Petrosea Roy Mansyah mengatakan, program penanaman bibit mangrove ini sudah ketiga kalinya dilakukan PT Indika Energy Tbk. Dan hari ini (12/10/2021) PT Petrosea bersama PT Interport Mandiri Utama melakukan penanaman 2.500 bibit Mangrove.

Program ini merupakan bagian dari program jangka panjang Indika grup. Penanaman ini untuk mengurangi atau menuju Net-Zero Emisi tahun 2050. Mengingat Kalimantan Timur (Kaltim), khususnya Balikpapan banyak pemukiman di pesisir pantai, salah satunya di wilayah Kariangau.

"Kami berharap program penanaman Mangrove ini bisa berjangka panjang untuk masyarakat. Dan mudah-mudahan kegiatan seperti ini terus berkelanjutan, dari komitmen Indika Group dan Petrosea," terang Roy Mansyah usai penanaman bibit Mangrove, Selasa (12/10/2021).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Perusahaan energi tetapi tetap peduli lingkungan

Tanam mangrove
Perbesar
Penanaman mangrove oleh Indika Group di Balikpapan Kaltim.

Menurutnya, meski perusahaan tersebut bergerak di bidang energi atau pertambangan, tetapi pihaknya tidak lupa dan lepas untuk mendukung program pemerintah yang bersinergi untuk kota hijau di Balikpapan.

"Mudah-mudahan program ini juga diikuti teman-teman perusahaan lain untuk membantu dan menunjang dari penghijauan ini," harapan Roy.

Di tempat yang sama perwakilan PT. Interport Mandiri Utama, Deputy Head of Interport Business Park Balikpapan Bastian Nugroho menambahkan, ini salah satu kehormatan baginya karena bisa mewakili PT Interport Mandiri Utama dalam acara penanaman 2.500 bibit Mangrove. Kegiatan ini merupakan kerja bareng antara PT Interport dan PT Petrosea Tbk yang merupakan anak perusahaan dari PT Indika Energy Group yang akan berusia 21 tahun pada 19 Oktober 2021.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Penanaman mangrove digagas Indika Group

Presiden Jokowi menanam mangrove bersama masyarakat di Pantai Setokok Kecamatan Bulang, Kota Batam, Kepulauan Riau, Selasa (28/9/2021).
Perbesar
Presiden Jokowi menanam mangrove bersama masyarakat di Pantai Setokok Kecamatan Bulang, Kota Batam, Kepulauan Riau, Selasa (28/9/2021). (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Kegiatan penanaman Mangrove ini digagas oleh Indika Group untuk mendukung visi perusahaan untuk mencegah semakin beratnya berubah iklim di saat ini.

"Pada kesempatan ini, kami PT Interport Mandiri Utama berkontribusi dengan menanam 1.000 bibit Mangrove," akunya Bastian.

Tanaman Mangrove merupakan penyumbang oksigen terbesar dan menyerap karbondioksida terbesar. Dengan mempertahankan kawasan hutan Mangrove, tentu sangat besar manfaatnya untuk kelestarian di bumi. “Kegiatan ini juga merupakan program CSR PT Interport dan tentunya kami akan monitor perkembangan dari bibit yang ditanam, sehingga memberikan hasil untuk para nelayan dan seluruh masyarakat pada umumnya,” tandasnya.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya