Sukses

5 Tempat Wisata River Tubing Seru di Yogyakarta yang Wajib Dicoba

River tubing juga ada di Yogyakarta.

Liputan6.com, Yogyakarta- River tubing juga ada di Yogyakarta. Kegiatan ini mengajak wisatawan Yogyakarta menyusuri sungai menggunakan ban karet mengikuti aliran sungai.

Berikut 5 rekomendasi tempat wisata river tubing di Yogyakarta yang aman dan menyenangkan, seperti yang dirangkum Liputan6.com.

1. River Tubing Jogja Exotarium

River tubing yang disediakan oleh Jogja Exotarium ini dapat menjadi pilihan river tubing untuk anak-anak. Aliran sungai yang digunakan tidak begitu deras dan cukup aman untuk digunakan kegiatan susur sungai anak-anak.

Namun, river tubing di tempat ini hanya tersedia saat musim hujan saja, saat debit air dirasa cukup untuk mengangkat ban karet ke permukaan sungai. Sehingga wisatawan harus reservasi terlebih dahulu sebelum menuju ke Jogja Exotarium untuk mencoba river tubing.

River tubing di Jogja Exotarium dapat dicoba  dengan membayar Rp45 ribu per orang. Selain river tubing, para wisatawan juga dapat berenang dan melihat aneka reptil di kebun binatang mini yang tersedia di tempat ini. Jogja Exotarium terletak di Jalan Magelang km 8, Mulungan, Sedangadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. River Tubing Sungai Oyo

River tubing di Sungai Oyo tidak hanya menyajikan keseruan susur sungai ditemani pemandangan bebatuan di sekitar sungai, namun juga keseruan adrenalin menikmati aliran sungai yang deras. Sungai Oyo memiliki arus yang cukup deras, terutama saat musim penghujan tiba, sehingga menambah tantangan wisata air ini.

Namun tak perlu takut, wisatawan akan dibekali ban  karet, pelampung karet, dan sepatu khusus agar tidak licin saat berpijak pada bebatuan.

River tubing di Sungai Oyo juga menyajikan pemandangan air terjun di tengah-tengah perjalanan susur sungai. Bahkan wisatawan dapat berhenti sejenak untuk menikmati aliran air terjun di sungai ini.

Untuk wisatawan yang mahir berenang juga dapat mencoba untuk berenang di Sungai Oyo atau dapat mencoba melompat dari tepian tebing sungai.

Keseruan river tubing di Sungai Oyo dapat dinikmati dengan membayar Rp 45 ribu per orang. Wisata sungai Oyo terletak di Kawasan Gelaran II RT 03/ Rw 16, Seropan, Bejiharjo, Krangmojo, Kabupaten Gunungkidul.

 

3 dari 5 halaman

3. River Tubing Sedayu

 

River tubing Sedayu menawarkan dua jalur susur sungai yang bisa dipilih, yakni jalur 900 meter dan jalur 1,2 km. Wisatawan tak perlu takut saat melakukan river tubing di tempat ini karena akan ada pemandu yang memastikan keamanan wisatawan. Selain itu wisatawan juga akan dibekali alat-alat pengaman seperti helm, pelampung, dan sepatu karet.

Tarif untuk menikmati river tubing di sini adalah Rp50 ribu per orang. River tubing Sedayu terletak di Jalan Raya Wates km 9,5, Surobayan, Argomulyo, Kabupaten Bantul.

 

4 dari 5 halaman

4. River Tubing Gua Pindul

Wisata river tubing rupanya juga dapat dilakukan didalam gua, salah satunya ialah di Gua Pindul. Keindahan Gua Pindul dapat dinikmati dengan cara river tubing di sungai yang berada di dalam gua ini.

Wisatawan tak perlu takut gelap saat berada di dalam gua karena pertugas juga meminjamkan head lamp kepada wisatawan. Selain head lamp juga tersedia berbagai fasilitas keamanan lainnya seperti ban karet, pelampung dan helm.

Sambil menikmati aliran sungai dan keindahan Gua Pindul dari atas ban karet, wistawan juga dapat belajar legenda dan sejarah Gua Pindul yang dijelaskan oleh para pemandu.

Tarif river tubing di tempat ini dibanderol dengan harga Rp45 ribu per orang, dan berlokasi di Geralaran II, Bejiharjo, Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul.

 

5 dari 5 halaman

5. River Tubing Gua Pindul

Selain river tubing Gua Pindul, wisatawan juga dapat merasakan sensasi susur sungai di dalam gua di Gua Kalisuci. Gua yang terletak di kawasan Jetis, Jonge, Pacarejo, Gunungkidul ini memiliki pemandangan yang indah.

Banyak stalaktit dan tebing-tebing di dalam gua yang dapat dilalui oleh pengunjung. Air sungai di dalam gua tidak terlalu deras dan cenderung tenang. Sehingga tak terlalu menakutkan bagi pengungjung yang baru pertama kali mencoba river tubing.

Tarif river tubing di gua Kalisuci dibanderol dengan harga Rp 80.000 per orang dengan minimal lima orang perserta. Pengunjung dapat menikmati susur sungai diatas ban karet selama 1,5 hingga 2 jam.

 

(Tifani)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.