Sukses

Kisah Nelayan Selamat Usai Hilang di Tengah Laut Bulungan Kaltara

Kedua warga Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara (Kaltara) Wendy (38) dan Adi (27) yang dinyatakan hilang kontak saat hendak ke tambak, kini telah ditemukan. Keduanya, berhasil ditemukan tim SAR dari Basarnas Tarakan dalam kondisi selamat.

Liputan6.com, Tarakan - Kedua warga Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara (Kaltara) Wendy (38) dan Adi (27) yang dinyatakan hilang kontak saat hendak ke tambak, kini telah ditemukan.

Keduanya, berhasil ditemukan tim SAR dari Basarnas Tarakan dalam kondisi selamat.

Analisis Operasi Pencarian dan Pertolongan Basarnas Tarakan, Gigek Sugiarto menjelaskan, kedua warga yang berdomisili di Tanjung Selor, Bulungan ini berhasil ditemukan di tengah laut oleh Tim SAR yang melakukan prosesn pencarian.

"Sudah kita temukan, Alhamdulillah warga Bulungan ini kita temukan dalam kondisi selamat dan sehat, setelah melakukan pencarian kurang lebih tiga jam," jelae Gigiek, Sabtu (9/10/2021).

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terombang-ambing

Gigiek mengungkapkan, Wendy dan Adi berhasil ditemukan terombang-ambing di tengah laut pada posisi 3°06'41.89"N117°53'49.73"E Sekitar 14 Nautical Miles (NM), dari lokasi kejadian perkara (LKP) arah ke selatan.

"Lokasi penemuannya masih diperairan Pulau Lentimun, Kecamatan Tanjung Palas Tengah, Bulungan, hanya saja perahu yang ditumpangi kedua korban sempat hanyut ke tengah laut," ungkap Gigiek.

Disebutkan Gigiek, kedua warga Bulungan ini dinyatakan hilang kontak lantaran perahu yang digunakannya untuk ke tambak mengalami kerusakan mesin.

Akibatnya, keduanya hanyut ke laut hingga tidak bisa dihubungi pihak keluarga.

3 dari 3 halaman

Evakuasi

Sebelumnya, lanjut Gigiek, Wendy dan Adi diketahui berangkat ke tambak di pulau Lentimun dari Tanjung Selor sekitar pukul 19.00 Wita. Dalam perjalannya, Wendy dan Adi sempat tersesat dan langsung menghubungi pihak keluarga.

"Jadi pihak perahu yang digunakan keduanya ini mati mesin, setelah itu langsung hanyut ke tengah laut," sebut Gigiek.

Setelah Wendy dan Adi berhasil ditemukan dalam kondisi selamat dan sehat, Gigiek memastikan, keduanya langsung dilakukan proses evakuasi dan diantar ke pulau Selayu, untuk selanjutnya diserahkan kepada pihak keluarga.

"Kedua korban besert perahunya sudah kita lakukan proses evakuasi, para korban kita serahkan kepihak keluarga di pulau Selayu, selanjutnya Tim SAR dibubarkan lantaran para korbannya sudah berhasil ditemukan," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.