Sukses

Penerbangan Internasional Dibuka, Bandara Bali Simulasi Kedatangan Penumpang

Jelang pembukaan penerbangan internasional paska pandemi Covid-19 Bandara I Gusti Ngurah Rai gelar simulasi kedatangan penumpang.

Liputan6.com, Denpasar - Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai menggelar simulasi kedatangan penumpang jelang pembukaan penerbangan internasional. Hal tersebut diharapkan membuat semua stakeholder yang terlibat semua siap menghadapi kunjungan wisatawan mancanegara untuk pertama kalinya sejak kedatangan dan keberangkatan internasional bandara tersebut ditutup karena pandemi Covid-19.

 General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Hery A.Y Sikado mengatakan, sesuai rencana pemerintah untuk membuka penerbangan internasional pihaknya menyambut antusias, salah satunya dengan melakukan simulasi proses kedatangan penumpang.

"Bersinergi bersama stakeholder terkait agar semua dapat berjalan lancar, hingga tiba saatnya dibukanya penerbangan internasional. Kami sudah benar-benar siap melayani penumpang internasional, tentunya dengan protokol kesehatan mengantisipasi penyebaran Covid-19," ujar Herry di Denpasar, Sabtu (9/10/2021).

Ia menyebut, bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. tetap berpedoman pada keputusan pemerintah untuk tetap memperhatikan tata cara pelaksanaan penanganan penumpang internasional sesuai regulasi.

"Utamanya penyediaan fasilitas RT-PCR dan holding area bagi penumpang yang menunggu hasil RT-PCR," ujar dia.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tahap Simulasi

Herry berharap dilaksanakannya kegiatan simulasi ini pihaknya bisa lebih siap ketika nantinya benar-benar berhadapan dengan penumbang yang datang melalui bandara tersebut.

“Semoga pembukaan penerbangan internasional dapat berjalan lancar. Bandara I Gusti Ngurah Rai merupakan pintu gerbang awal masuk ke Pulau Dewata yang harus dijaga seiring dengan itu penerapan protokol kesehatan ketat. Selain itu agar Bali kembali pulih seperti dulu,” tambahnya.

Sementara itu, simulasi dimulai dengan mensimulasikan rute Incheon Airport menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai yang menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA 871 mengangkut 90 penumpang. pada proses simulasi seluruh penumpang melalui tahapan di Area Kedatangan dan menggunakan protokol kesehatan ketat.

Adapun tahapan simulasi yang dilakukan saat tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai – Bali, sebagai berikut:

1. Pemeriksaan suhu badan setelah turun pesawat udara

2. Pemeriksaan dokumen kesehatan

3. Pengambilan sample tes RT-PCR

4. Pemeriksaan dokumen imigrasi

5. Pengambilan bagasi

6. Pemeriksaan bea cukai

7. Menunggu hasil tes RT-PCR

8. Pemeriksaan terakhir untuk transportasi dan akomodasi

9. Penumpang menuju area penjemputan untuk melanjutkan perjalanan ke hotel karantina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.