Sukses

Indonesia Disanksi WADA, Startup ini Malah dapat Lisensi FIFA World Cup 2022

Meski sedang disanksi oleh Badan Antidoping Dunia (WADA) tapi Klikdaily startup asal Indonesia ini malah memenangkan lisence hak siar Piala Dunia dan Piala Dunia U-20 pada tahun 2022 mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Meski Indonesia sedang disanksi oleh Badan Antidoping Dunia (WADA), hukuman mencakup pencabutan hak Indonesia sebagai tuan rumah untuk kejuaraan level regional, kontinental, dan dunia selama masa penangguhan. Indonesia terancam batal menjadi tuan rumah FIFA World Cup dan Piala Dunia U20 pada tahun 2022 mendatang.

Selain itu, perwakilan Lembaga Antidoping Indonesia (LADI) juga dilarang duduk sebagai anggota dewan di komite sampai status sanksi dipulihkan, atau minimal menjalani masa penangguhan selama satu tahun. Tak hanya itu, Indonesia juga dilarang mengibarkan bendera merah putih, kecuali dalam ajang Olimpiade.

Namun, di tengah sanksi yang masih diupayakan oleh pemerintah untuk diselesaikan masalah tersebut. Salah satu startup asal Indonesia Klikdaily malah memenangkan lisensi hak siar penayangan ajang Piala Dunia U20 pada tahun 2022 mendatang.

Klikdaily menjadi startup teknologi pertama di Indonesia yang memegang lisensi hak siar untuk Piala Dunia sekaligus ajang U-20. Amos Gunawan selaku founder dan CEO dari Klikdaily mengatakan pihaknya ditunjuk langsung oleh FIFA sebagai pemegang lisensi penayangan ajang bergengsi tingkat dunia tersebut.

"Kebanggaan bagi kami dapat menjadi startup teknologi pertama di Indonesia yang ditunjuk langsung oleh FIFA. Kami yakin FIFA World Cup 2022 dan FIFA U-20 World Cup 2023 akan menjadi piala dunia yang paling terintegrasi karena tingginya jumlah pengguna internet dan smartphone di Indonesia," katanya dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Sabtu (9/10/2021).

Ia berharap kerja sama FIFA World Cup dan Klikdaily menjadi kolaborasi yang apik sekaligus membangkitkan perekonomian khususnya di Indonesia. "Bisa menjadi salah satu katalis dalam menghidupkan kembali perekonomian Indonesia pascapandemi di tahun 2022-2023 nanti," ujar dia.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertama Kali Indonesia Pegang Lisensi FIFA World Cup

Menurut Amos, Klikdaily merupakan platform teknologi yang mentransformasi UMKM/bisnis mikro di Indonesia. Klikdaily tidak hanya menyediakan platform digital, juga membangun platform fisik dan memberikan solusi end-to-end dari pendanaan, promosi pintar, hingga pemasaran.

“Piala Dunia U-20 merupakan kebanggaan tersendiri bagi Indonesia karena pertama kalinya sepanjang sejarah kita menjadi tuan rumah ajang FIFA World Cup. Klikdaily siap untuk memanfaatkan momentum dan mengajak seluruh pemangku kepentingan baik dari pemerintah maupun pihak swasta untuk berkolaborasi bersama dalam ajang ini," imbuhnya.

Untuk diketahui, ini adalah pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah kompetisi FIFA U-20 World Cup 2023. Pertandingan akan diadakan di 6 kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Surabaya, Bandung, Surakarta, Gianyar, dan Palembang. Dengan total 52 pertandingan, Piala Dunia U-20 akan diikuti oleh 24 tim nasional. Timnas Indonesia sendiri sudah dipastikan mendapatkan tempat sebagai tuan rumah.

Piala Dunia selalu menjadi ajang yang dinanti-nantikan dan memiliki jumlah penonton terbesar di dunia, bahkan melebihi olimpiade. Sebagai perbandingan, Piala Dunia tahun 2018 yang mencatatkan total 3,5 miliar penonton – ditonton hampir setengah jumlah populasi manusia di dunia. Dalam penyiaran 64 pertandingan, rata-rata jumlah penonton untuk setiap pertandingan mencapai 191 juta. Di Indonesia sendiri jumlah penonton piala dunia 2018 adalah 162 juta untuk seluruh pertandingan.

Piala Dunia 2022 di Qatar akan berlangsung selama musim liburan yaitu 21 November 2022 sampai 18 Desember 2022. Berbeda dengan Piala Dunia sebelumnya, FIFA World Cup 2022 akan tayang  di Indonesia pada jam-jam favorit (prime time), yaitu sekitar jam 5 sore hingga tengah malam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.