Sukses

Kahiyang Ayu Tak Kuasa Tahan Tangis Saat Jenguk Bayi Penderita Astresia Bilier

Wali Kota Medan, Bobby Nasution, bersama istrinya, Kahiyang Ayu, menjenguk bayi penderita Astresia Bilier di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik, Kamis, 7 Oktober 2021, malam.

Liputan6.com, Medan Wali Kota Medan, Bobby Nasution, bersama istrinya, Kahiyang Ayu, menjenguk bayi penderita Astresia Bilier di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik, Kamis, 7 Oktober 2021, malam.

Bayi perempuan berusia 7 bulan bernama Aiyla Adisty Hidayah itu menderita Astresia Bilier. Kondisi anak bungsu dari pasangan Rahmat Hidayat (31) dan Olivia Saridah (27), warga Jalan Medan Area Selatan, Gang Mulia, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), memprihatinkan dengan kondisi perut membesar akibat gangguan pada hati.

Saat menjenguk Aiyla, Bobby dan Kahiyang mendengarkan dengan seksama dan penuh perhatian keterangan Olivia. Kata Olivia, berdasarkan penjelasan pihak RS Pirngadi, awalnya putrinya itu dirawat, Aiyla mengalami kelainan sejak lahir dengan kondisi tidak adanya saluran empedu.

Saat usia 4 bulan, sudah mulai terlihat bagian perut Aiyla yang terus membesar diawali dengan mata menguning.

"Seharusnya dioperasi pada usia 2 bulan. Saat ini usia Aiyla 7 bulan. Katanya sudah telat," kata Olivia bercerita dengan Bobby dan Kahiyang.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Menarik Berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Biaya Ditanggung Pemko Medan

Sejumlah opsi dibicarakan antara tenaga medis yang menangani dengan keluarga pasien. Di antaranya, opsi transplantasi hati di Jakarta. Namun kesulitannya adalah menemukan pendonor.

Mendengar penjelasan yang mengharukan dan melihat langsung kondisi bayi Aiyla, Kahiyang Ayu tak bisa menahan tangisnya. Setelah menjenguk Aiyla, Bobby mengatakan biaya perawatan Aiyla ditanggung Pemerintah Kota (Pemko) Medan.

"Saat ini yang terus kita lakukan mendoakan agar Aiyla diberi kesehatan, keluarganya diberikan kekuatan. Pembiayaan kita register ke Kota Medan," kata Bobby.

Sebelumnya dengan difasilitasi Bobby, Aiyla langsung dibawa ke RSUP Haji Adam Malik setelah sempat pulang dari RS Pirngadi akibat kendala biaya. Aiyla dan keluarganya langsung diantar ke RSUP Haji Adam Malik dengan ambulans, dan langsung ditangani tim medis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.