Sukses

Tantangan Anggota TNI di Perbatasan RI-Malaysia Jaga Kedaulatan Negara

Tentara Nasional Indonesia (TNI) genap berusia 76 tahun, Selasa (5/10/2021). Untuk memperingati HUT yang ke 76 tahun, TNI dari berbagai unsur Darat, Laut dan Udara menggelar upacara peringatan HUT TNI di Markas Komando (Mako) Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantama

Liputan6.com, Tarakan - Tentara Nasional Indonesia (TNI) genap berusia 76 tahun, Selasa (5/10/2021). Untuk memperingati HUT yang ke 76 tahun, TNI dari berbagai unsur Darat, Laut dan Udara menggelar upacara peringatan HUT TNI di Markas Komando (Mako) Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) XIII Tarakan.

Upacara peringatan HUT TNI ke 76 tahun ini dihadiri langsung Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Utara (Kaltara), Yansen TP bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) lainnya di Kaltara.

Wagub Yansen TP menjelaskan, pada HUT yang ke 76 tahun ini TNI dari berbagai unsur telah bekerja keras menjaga stabilitas negara dengan baik. Sehingga, terciptanya keamanan dan ketertiban bangsa, termasuk di wilayah perbatasan Indonesia dan Malaysia di Kaltara.

"Saya ucapkan selamat HUT TNI ke 76 tahun, kita patut bersyukur di usia 76 tahun ini TNI masih bekerja keras menjaga kedaulatan negara, jadi ini bukti nyata TNI kuat dalam menjaga keamanan kedaulatan negara diseluruh bangsa, termaksud di Kaltara ini," jelas Wagub.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

3 dari 4 halaman

TNI Berperan di Daerah Perbatasan

Sebagai kawasan yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia, Wagub Yansen TP menegaskan, peran TNI beserta jajarannya dan Polri sangat penting. Apalagi, seperti diketahui di Kaltara masih banyak pintu masuk yang rawan digunakan pelaku kejahatan, baik trafficking dan narkoba yang segera perlu disikapi.

"Selain Polri, TNI menjadi andalan kita dalam hal penanganan wilayah perbatasan, dengan harapan TNI dapat melaksanakan tugasnya sebaik mungkin, agar wilayah perbatasan kita tetap aman dan kedaulatan negara dapat terjaga dengan baik," dia menegaskan.

Tidak hanya itu, Wagub Yansen TP juga sangat bersyukur dengan keberadaan TNI di Kaltara. Bagaimana tidak, di tengah pandemi Covid-19 sekarang ini TNI turut aktif melaksanakan tugasnya dengan baik, membantu Pemerintah Daerah (Pemda) dalam hal menekan penyebaran Covid-19.

"Semoga apa yang dilakukan TNI ini dapat terus berlangsung, hingga saat ini kita terbebas dari Covid-19," beber mantan Bupati Malinau dua priode itu.

4 dari 4 halaman

Sinergi Pemprov dengan TNI dan Polri

"Karena, kita yakin jika TNI, Polri, dan pihak lainnya bersinergi dengan Pemda melaksanakan tugas dengan baik, maka Covid-19 bisa ditangani bersama sehingga kita bisa kembali pada situasi normal dan melanjutkan pembangunan, baik di pusat dan daerah," dia menambahkan.

Wagub Yansen TP memastikan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara akan terus bersinergi dengan TNI, Polri, dan instansi lainnya. Termasuk, memberikan dukungan dalam setiap kegiatan yang dilakukan TNI dan Polri di Kaltara.

"Bisa kita lihat bersama, dalam situasi sekarang ini kegiatan yang dilakukan TNI selalu didukung Pemprov Kaltara, meski dukungan itu belum bisa maksimal tapi tetap bisa mendukung kelancaran operasi TNI dan Polri," ungkapnya.

Di HUT yang ke 76 tahun ini, Wagub Yansen TP berharap, TNI sebagai harapan penegakan tata negara dapat bekerja sama dengan Polri, Pemda dan masyarakat. "Karena dengan saling bekerja sama maka kita akan semakin kokoh dalam menjaga kedaulatan negara," dia menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.