Sukses

Vaksin Pfizer Tahap Pertama Akan Dikirim ke 2 Kabupaten di Sumsel

Sebanyak 99.450 dosis Vaksin Pfizer, disimpan di dalam gudang vaksin di kawasan Sekip Palembang Sumsel, di hari yang sama.

Liputan6.com, Palembang - Puluhan dosis Vaksin Pfizer, ternyata sudah dipasok ke Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), pada hari Sabtu (2/10/2021) lalu.

Sebanyak 99.450 dosis Vaksin Pfizer, disimpan di dalam gudang vaksin di kawasan Sekip Palembang Sumsel, di hari yang sama.

Diungkapkan Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumsel, Ferry Yanuar, Vaksin Pfizer tahap pertama akan didistibusikan untuk dua kabupaten. Yakni di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dan Musi Banyuasin (Muba)

"Dikirim ke Kabupaten OKI sebanyak 8.775 vial atau 52.650 dosis. Sedangkan di Muba, didistribusikan sebanyak 7.800 vial atau 46.800 dosis," ujarnya, Selasa (5/10/2021).

Pemerintah pusat mengutamakan dua kabupaten tersebut, karena berdasarkan kebutuhan di lapangan. Sedangkan Vaksin Pfizer untuk Kota Palembang, akan segera didistribusikan di tahap berikutnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyimpanan Khusus

Menurutnya, jika Vaksin Pfizer ini akan kembali datang jika stok vaksin yang ada, sudah didistribusikan ke kabupaten yang telah ditentukan. Terlebih dalam penyimpanannya vaksin tersebut, dibutuhkan tempat penyimpanan khusus dengan suhu -20 derajat.

"Untuk penggunaan vaksin ini, penyuntikannya sama seperti vaksin yang lainnya. Yakni dua dosis, dengan rentang waktu 21 hari dari dosis pertama," katanya.

Untuk capaian vaksinasi secara keseluruhan di Sumsel, dari target 6.303.096 orang, sudah 1.822.873 orang atau 28,92 persen untuk dosis pertama. Sedangkan untuk dosis kedua baru 1.031.160 orang atau 16,36 persen.

Ocha, warga Palembang Sumsel mengatakan, dirinya bersemangat untuk menunggu Vaksin Pfizer, untuk vaksinasi COVID-19 yang akan dia ikuti.

"Saya mendengar sudah ada Vaksin Pfizer masuk ke Sumsel. Saya ingin divaksin Pfizer, karena saya dengar kualitasnya lebih baik. Semoga segera dipasok di Kota Palembang Sumsel," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.