Sukses

PPKM Diperpanjang, Kota Cirebon Turun ke Level 2

Penurunan level 3 ke level 2 Kota Cirebon sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 67 Tahun 2021 tentang PPKM di Jawa-Bali.

Liputan6.com, Cirebon - Upaya menekan status PPKM di Kota Cirebon mulai terlihat. Saat ini, Pemkot Cirebon memasuki level 2 dalam perpanjangan PPKM.

“Saya sangat tersentuh PPKM Kota Cirebon level 2, ini luar biasa dan berkat kerja keras semua pihak,” ujar Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis dalam konferensi pers di ruangan madya sekretariat Islamic Centre At-Taqwa, Selasa (5/10/2021).

Untuk itu, menurut Azis, Pemda Kota Cirebon mengucapkan terimakasih kepada Kapolres Cirebon Kota juga Dandim 0614 Kota Cirebon. Menurut dia, TNI / Polri menjadi salah satu garda terdepan dalam penanganan covid-19.

Terlihat dari gencarnya penerapan PPKM dan peran serta menyumbang dalam kegiatan vaksinasi. Azis juga mengapresiasi kerja keras para tenaga kesehatan, yang sejak awal pandemi berjibaku menangani Covid- 19.

“Peran serta masyarakat juga luar biasa, karena masyarakat antusias untuk divaksin, mereka berbondong-bondong datang ke tempat vaksinasi,” tutur Azis.

Namun demikian, Azis meminta masyarakat untuk tetap waspada dan menjaga protokol kesehatan. Masyarakat Kota Cirebon diminta tidak bereuforia terkait penurunan leveling Covid-19 ini.

Azis berharap masyarakat dapat lebih semangat untuk tetap bertahan di level 2 hingga turun ke level 1. Penurunan level Covid-19 Kota Cirebon merupakan keberhasilan semua elemen.

“Kita jangan sampai kalah oleh Covid-19, prokes terus jaga supaya sehat dan ekonomi kembali pulih seperti sedia kala,” ucapnya.

Sekretaris Daerah Kota Cirebon Agus Mulyadi mengungkapkan, penurunan level 3 ke level 2 Kota Cirebon sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 67 Tahun 2021 tentang PPKM di Jawa-Bali.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Capaian Vaksinasi

Dari status penurunan level tersebut, pengendalian covid-19 di Kota Cirebon dianggap sangat baik. Namun, tetap perlu tingkatkan kewaspadaan.

Agus mengatakan, penurunan status covid-19 di Kota Cirebon terindikasi dari capaian vaksinasi diatas 50 persen. Selain itu ruang perawatan di rumah sakit yang semakin berkurang.

“Dari capaian vaksinasi yaitu umum di atas 50 persen dan lansia di atas 40 persen. Capaian vaksinasi ini terwujud berkat dukungan dan kolaborasi dengan beberapa pihak,” tuturnya.

Berdasarkan data di Dinas Kesehatan Kota Cirebon, saat ini capaian vaksinasi telah mencapai 75,56 persen yaitu terdiri dari nakes, petugas publik dan lansia, masyarakat umum dan remaja. Sementara untuk lansianya saja, vaksinasi sudah mencapai 47,80 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.