Endah Laras Jadi Maskot Solo International Performing Arts 2021

Oleh Liputan Enam pada 04 Okt 2021, 17:34 WIB
Diperbarui 04 Okt 2021, 17:41 WIB
Endah Laras maskot SIPA 2021.
Perbesar
Endah Laras maskot SIPA 2021.

Liputan6.com, Solo - Solo International Performing Arts (SIPA) kembali hadir di kota Solo, Jawa Tengah, tahun ini. Panggung pagelaran SIPA 2021 ini akan diselenggarakan pada 7 - 9 Oktober 2021 di Bengawan Solo Park at Jurug Zoo dengan mengusung tema 'The Great Lights of Arts'.

Maskot SIPA 2021 adalah Endah Laras, penyanyi keroncong asal Solo, kelahiran Sukoharjo, 3 Agustus 1976. Endah Laras adalah penyanyi dari tradisi seni Jawa yang lahir dari keluarga seni. Namanya dikenal sebagai pelantun lagu-lagu keroncong, dan lagu Jawa.

Berbekal pengalaman berkelana dari panggung ke panggung, dari pentas campursari hingga panggung kontemporer, Endah Laras membentuk kelompok musik Brayat Endah Laras sebagai wadah untuk bereksplorasi. Perpaduan musik tradisi dengan musik barat menjadi keindahan yang selalu ingin disampaikan dalam setiap pertunjukan.

Endah Laras menjadi maskot SIPA Festival 2021 atas pilihan penonton setia SIPA serta sejalan dengan pilihan panitia penyelenggara. Berbagai prestasi telah diraih EndahLaras, antara lain, Endah Laras telah menjadi perwakilan Indonesia di berbagai event nasional dan internasional.

Ia tampil di Ngayogjazz, Forum Ekonomi Dunia di Davos Swiss tahun 2017, Forum Internasional yang bertajuk Asia Cultural Cooperation Forum di Hongkong tahun 2019. Nyanyian indah Endah Laras akan menjadi bagian dari gelora keagungan cahaya seni pertunjukan dalam panggung SIPA 2021.

Selain piawai dalam menyanyi Endah Laras pun juga mampu melakukan aksi seni di bidang akting. Beberapa film yang telah dimainkannya antara lain Guru Ngaji dan Badut Maksimal, Soegija, Kucumbu Tubuh Indahku, dan Finding Srimulat. Endah juga salah satu pemeran dalam film Soegija (2012).

Terkait pelaksanaan di masa pandemi, SIPA 2021 menggunakan model hybrid, yakni pergelaran dengan sistem luring dan daring. Selain itu juga dengan konsep drive-in, yakni penonton bisa menyaksikan pertunjukkan secara langsung dari dalam mobil.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

Saksikan Video Pilihan Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya