Solusi Mensos Risma untuk Penanganan Banjir di Sekitar Danau Limboto Gorontalo

Oleh Arfandi Ibrahim pada 01 Okt 2021, 08:00 WIB
Diperbarui 01 Okt 2021, 08:00 WIB
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini meninjau langsung pengungsian  korban bencana banjir di  Gorontalo (Arfandi Ibrahim/Liputan6.com)
Perbesar
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini meninjau langsung pengungsian korban bencana banjir di Gorontalo (Arfandi Ibrahim/Liputan6.com)

Liputan6.com, Gorontalo - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini meninjau langsung pengungsian  korban bencana banjir di Kelurahan Kayubulan, Kecamatan Limboto dan Desa Buhu, Kecamatan Telaga Jaya, Kabupaten Gorontalo, Rabu (29/9/2021).

Dalam kesempatan itu, mensos juga menyerahkan langsung bantuan berupa tenda gulung, matras, kasur, dan selimut. Ada juga bantuan berupa family kit, perlengkapan bayi, peralatan makanan, alat dapur dan makanan siap saji.

"Setiap tahun Kemensos membantu korban banjir di lokasi begini. Artinya, harus ada penanganan yang berbeda,” ujar Mensos Risma.

Khusus penanganan banjir yang setiap tahun melanda kawasan yang berada di sekitar Danau Limboto, Mensos mengusulkan agar pemerintah daerah membuatkan tanggul. Menurutnya, penanganan banjir harus diselesaikan dari akar permasalahan.

"Dulu lokasi ini adalah bagian dari danau, kemudian dipakai untuk perumahan. Pasti ini daerah cekung, itu akar permasalahannya. Sehingga itu tadi saya minta ke Pak Bupati untuk mengusulkan pembuatan tanggul di kawasan ini," kata Risma.

Sebelumnya, berdasarkan data Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Gorontalo, banjir di Kelurahan Kayu Bulan menggenangi 110 rumah warga dengan jumlah kepala keluarga sebanyak 165 dengan total 496 jiwa.

Sedangkan di Desa Buhu, rumah yang terendam ada sekitar 71 unit dengan jumlah 74 KK. Jadi total warga yang terdampak banjir beberapa waktu lalu berjumlah 255 jiwa.

Simak juga video pilihan berikut:

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya