Sukses

Sempat Tertutup Material Longsor, Jalur Padang - Solok Sudah Bisa Dilewati

Sebelumnya macet panjang terjadi akibat longsor di Jalur Padang-Solok tersebut.

Liputan6.com, Padang - Material longsor yang menutupi badan jalan di Lubuk Paraku Kecamatan Lubuk Kilangan, Jumat (24/9/2021) sudah dibersihkan sebagian sehingga pengendara sudah bisa melewati jalur tersebut.

Longsor terjadi pukul 18.00 WIB, setidaknya ada lima titik longsor yang melanda di lokasi itu dan dua unit alat berat dikerahkan.

Kasiops BPBD Padang, Sutan mengatakan pengendara yang sebelumnya terjebak macet di lokasi longsor sudah bisa kembali melewati jalur Padang-Solok maupun sebaliknya.

"Iya sudah bisa dilalui, petugas masih di lokasi," katanya, Jumat (24/9/2021).

Ia menyebut, setidaknya ada lima titik longsor dalam bencana tersebut, dua di antaranya cukup parah di mana material longsor menutupi badan jalan.

Sutan mengimbau pengendara agar meningkatkan kewaspadaan, karena sebagian material masih terdapat di lokasi longsor. "Hujan juga masih mengguyur," ujarnya.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Minangkabau telah mengeluarkan peringatan dini potensi terjadi hujan, dengan intensitas sedang hingga lebat dan disertai petir di sejumlah wilayah.

Potensi hujan tersebut terjadi di Kabupaten Pasaman Barat, Pasaman, Limapuluh Kota, Agam, Padang Pariaman, Kota Padang, Solok, Pesisir Selatan dan Solok Selatan.

"Masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaan terhdap potensi bencana," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Minangkabau, Yudha Nugraha.

 

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.