Sukses

Bobusa, Boneka Pembawa Pesan dari Tokoh Cerita Rakyat Karya Mahasiswa UGM

Karakter tokoh cerita rakyat Nusantara menjadi ide mahasiswa UGM untuk mengedukasi anak sejak dini dari boneka yang diberi nama Bobusa.id

Liputan6.com, Yogyakarta - Karakter tokoh cerita rakyat Nusantara menjadi ide mahasiswa UGM untuk mengedukasi anak sejak dini dari boneka yang diberi nama Bobusa.id.

Karakter cerita rakyat Malin Kundang dan Roro Jonggrang yang diproduksi karena dianggap cocok untuk edukasi pesan moral bagi anak, yakni berbakti pada orang tua dan memiliki sikap menepati janji.

“Karena produk boneka yang beredar kebanyakan dari luar dan tidak mencerminkan nilai Indonesia, kami berinisiatif menciptakan boneka yang dapat merepresentasikan nilai moral Indonesia sebagai edukasi anak di usia dini,” kata Anugerah, Ketua Tim PKM-K Bobusa.id, Selasa 14 September 2021.

Anugerah mengatakan boneka tokoh dongeng nusantara ini dibuat bersama Landrikus Andra, Deritanti, dan Reksan Ridho. Anugerah menjelaskan boneka Malin Kundang atau Roro Jonggrang dengan tinggi dimensi 30 sentimeter.

Lalu satu kartu berisi QR Code berukuran 6,3 cm x 8.8 cm yang terintegrasi dengan link Youtube animasi buatan Tim PKM-K, serta kemasan produk berbahan kertas ivory dengan latar belakang daerah boneka.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penggunaan

Menurutnya dengan teknologi terkini yakni QR Code yang tersambung ke video animasi interaktif dari cerita rakyat bisa mendukung pola asuh orang tua yang  akan berpengaruh pada perkembangan anak di masa depan. 

“Kita harapkan mampu menjadi media edukasi sekaligus teman bermain anak,” ujarnya.

Penggunaan produk Bobusa.id pun cukup mudah, konsumen hanya perlu memindai QR Code yang tersedia yang nantinya akan langsung terhubung dengan video animasi cerita rakyat yang dipilih sesuai bonekanya.  

“Integrasi dengan teknologi melalui QR Code yang dipindai dan terhubung dengan YouTube kami ini sebagai upaya agar anak dapat belajar melalui video interaktif tersebut,” jelas Anugerah.

Saat ini produk boneka Bobusa.Id dibanderol dengan harga Rp 75.000/pcs dan Rp 145.000 untuk paket bundling (pembelian 2 boneka).  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.